Peringati Hardiknas, Bupati Satono Ajak Semua Pihak Gotong Royong Majukan Pendidikan Sambas

2 Mei 2024 12:06 WIB
Bupati Sambas Satono, memimpin upacara peringati Hari Pendidikan Nasional, di Halaman Kantor Bupati, Kamis (2/5/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono, memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, di halaman kantor bupati, Kamis (2/5/2024).

Di kesempatan ini, ia menyampaikan, tantangan yang masih dihadapi pendidikan di Kabupaten Sambas. 

Seperti sebaran guru yang belum merata, infrastruktur sekolah juga belum semuanya memadai dan lain sebagainya. 

Bagi Bupati Satono, membangun pendidikan yang maju bukan urusan gampang, mengingat luasnya wilayah, serta SDM tenaga pengajar yang relatif masih belum memadai. 

Karena itu, untuk melakukan percepatan peningkatan mutu pendidikan, perlu kerja keras dan kerja bersama dalam bingkai gotong royong. 

“Perubahan itu perlu perjuangan dan pasti ada rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah. Tapi, yakin lah, kerja keras akan menyertai perbaikan dan kemajuan,” ucapnya.

Di sisi lain, ia berpesan, agar anak-anak di Kabupaten Sambas tidak berhenti untuk terus belajar dan harus berani menggantungkan cita-cita setinggi mungkin.

“Anak-anak Indonesia harus berani bermimpi, kejar cita-cita setinggi-tingginya,” pesannya.

Menurutnya, anak-anak yang berani memiliki mimpi dan mengejar cita-citanya, karena mereka merasa merdeka di kelas dengan dukungan dari para guru.

“Cinta dan kemerdekaan berasal dari guru dan murid yang saling percaya,” ucapnya.

Karena itu, para guru diharap bisa mengimplementasikan konsep gerakan merdeka belajar. Agar anak-anak punya preferensi secara mandiri mengembangkan bakatnya.

"Saat ini wajah baru pendidikan kebudayaan Indonesia sedang dibangun dengan gerakan merdeka belajar," ucapnya. 

Terakhir, Bupati Satono tak lupa mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada segenap para pendidik dan seluruh siswa dan siswi Kabupaten Sambas. 

“Mari terus bergotong-royong menggerakkan merdeka belajar,” pesannya. (Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment