Halal Bihalal Unisma Rajut Kebersamaan Majukan Kampus

17 April 2024 14:53 WIB
Unisma, menggelar halal bihalal di gedung bundar Auditorium Prof Tolchah Hasan, Rabu (17/4/2024). (Istimewa)

MALANG, insidepontianak.com - Universitas Islam Malang atau Unisma, menggelar halal bihalal di gedung bundar Auditorium Prof Tolchah Hasan, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan Halal Bihalal tersebut juga dihadiri para ulama dan tokoh masyarakat. Di kesempatan itu, Rektor Unisma Prof Maskuri, mengingatkan civitas akademika tentang tarbiyah yang dilakukan selama Ramadhan.

Menurutnya selama sebulan menjalankan ibadah puasa, umat muslim telah meng-upgrade keimanan dan amal mereka.

“Sehingga setelah Ramadhan menjadi pribadi dengan keimanan yang lebih berkualitas,” ucapnya.

Karena itu, Maskuri keluarga besra Unisma dan segenap masyaraakt mengambil i’tibar atau pelajaran dari tanah, sebagai asal muasal penciptaan manusia.

Tanah telah memberikan pembelajaran yang begitu bermakna. Potensi besar yang dimiliki tanah tak membuatnya menjadi sombong atau memberontak.

Menurut dia tanah memiliki sifat yang stabil dan tidak bergejolak. Tempat tumbuhnya bermacam tumbuhan.

Tanah menjadi wadah berkembangnya makhluk Allah. Di dalamnya banyak potensi yang memberikan suplai untuk kelangsungan makhluk hidup.

“Tanah begitu banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Tanah yang subur dibutuhkan oleh tumbuhan, binatang dan manusia,” ucapnya.

Dari hikmah tersebut, Maskuri menganalogikan pada konteks kehidupan di Unisma. Kampus kebanggaan warga NU ini dihuni oleh orang-orang yang beriman, berilmu dan berakhlak. Potensi besar tersebut diharapkan dapat menumbuh suburkan kampus Unisma.

“Sehingga kampus ini mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Karena dihuni oleh orang-orang hebat,” katanya.

“Melalui halal bihalal ini kita membuka lembaran baru, dengan sebuah pena dalam konteks pengembangan sumber daya manusia. Memperkuat kebersamaan dan persatuan, kita bangun dalam sebuah keluarga yang harmonis, untuk menuju kemajuan kampus tercinta,” sambungnya.

Ketua PWNU Jawa Timur, KH Abdul Hakim Mahfudz turut hadir dalam kegiatan halal bihalal Unisma. Dia pun mengapresiasi wadah silaturahmi di bulan syawal ini.

“Alangkah indahnya kegiatan halal bihalal Unisma. Menjadi momentum untuk saling memaafkan dan memperkuat hablum minannas,” ucapnya.

Menurutnya, suka cita yang dibangun dalam kegiatan halal bihalal tidak akan melupakan tugas dan tanggung jawab untuk terus melanjutkan perjuangan para leluhur, masyayikh, khususnya dari kalangan NU.

Menurut Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang ini, kejayaan Islam tidak akan lepas dari keluhuran iman dan ilmu.

“Inilah tugas Unisma dalam melahirkan generasi yang berilmu dan beriman. Unisma menghasilkan ulama yang punya tanggung jawab mengurusi, mendampingi dan membimbing ummat,” terang Gus Kikin, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Dewan Pembina Yayasan Unisma, Mochtar Data, menyampaikan permohonan maaf apabila kurang maksimal dalam menjalankan tugas di yayasan.

 “Dalam kesempatan ini kami mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin,” ucapnya.

Tak lupa dia juga mengapresiasi seluruh civitas akademika Unisma yang selama ini telah memberikan andil dalam memajukan kampus ini. Baik dosen maupun karyawan. Menurutnya, Komitmen mereka telah mengantarkan Unisma menjadi kampus yang maju.

“Kami mengapresiasi sekecil apapun kiprah yang diberikan,” katanya.(Biz/Fauzi)


Penulis : Muhammad Fauzi
Editor : -

Leave a comment