Dewan Pontianak Yandi Harap Pemkot Maksimalkan Belanja APBD di Awal Tahun

23 April 2024 15:38 WIB
Anggota DPRD Kota Pontianak, Komisi III, Yandi. (Antara)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak, Komisi III, Yandi meminta dinas di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak memacu serapan anggaran dengan belanja APBD di awal tahun.

Tujuannya, agar anggaran cepat terserap dan perekonomian masyarakat bergerak tumbuh.

"Idealnya belanja dapat dilakukan dinas di awal tahun, supaya ekonomi hidup, sehingga pekerjaan tak menumpuk di akhir tahun," kata Yandi, Selasa (23/4/2024).

Selama ini, Yandi melihat pekerjaan masih dikebut diakhir tahun. Dampaknya, pada serapan anggaran dan kualitas pekerjaan yang tak maksimal. Terlebih untuk proyek fisik kerap dihadapkan dengan kondisi hujan dan air pasang.

"Apalagi pekerjaan dilakukan terburu-buru kita khawatir berdampak pada kualitas. Makanya kita berharap pekerjaan dapat dilakukan di awal agar kualitasnya dapat lebih baik," katanya.

Yandi berharap, serapan anggaran Pemerintah Kota Pontianak tahun 2024 dapat lebih maksimal. Sebab, di tahun 2023, Sisa Lebih Anggaran atau SIPA Kota Pontianak cukup besar. Tercatat ada Rp23 miliar.

"Pj Wali Kota Pontianak kita harapkan terus memacu jajaran agar serapan anggaran benar-benar maksimal," pesannya.

Menurut Yandi, terjadinya SILPA menunjukkan ada perencanaan yang tak cermat dilakukan pemerintah. Alhasil, program tak dapat terserap dengan baik.

Karena itu, dia berharap dinas-dinas cermat dalam menyusun perencanaan anggaran. Agar bisa dieksekusi dengan baik.

"Lebih baik anggaran yang tak terpakai ini digunakan untuk kegiatan prioritas yang dibutuhkan masyarakat Kota Pontianak," pungkasnya.(Andi)***

Leave a comment