Wakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Ekbang Buka Rakor Baznas 20224, Ini Pesannya

22 April 2024 14:45 WIB
Kegiatan rakor Baznas Ketapang 20224, turut dirangkai dengan acara halal bihalal. Rakor dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum Dan Politik, Darma. (Istimewa)

KETAPANG, insidepontianak.com - Mewakili Bupati Ketapang, staf ahli bupati bidang pemerintahan, hukum dan politik, Darma, buka rapat koordinasi evaluasi, sosialisasi dan penyusunan laporan zakat infaq dan sedekah Baznas Ketapang Tahun 2024, Senin (22/04/2024).

Kegiatan itu digelar di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang. Menurut Darma, rapat koordinasi ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas para amil zakat dalam mengelola zakat infak dan sedekah.

“Juga mengevaluasi bagiamana pendistribusian dan pendayagunaannya," jelas Darma membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Selain itu menurut dia, kegiatan ini menjadi penting dan strategis untuk mencapai sinergitas program pengelolaan zakat.

"Agama Islam telah memberikan salah satu solusi untuk pengentasan kemiskinan yaitu melalui zakat. Zakat merupakan salah satu cara dan kebijakan yang dapat membuat umat Islam menjadi umat yang sejahtera dan mandiri," katanya.

Zakat akan memberikan dampak yang sangat positif dalam membantu pemerintah dalam mengurangi kemiskinan. Hal ini dapat terwujud karena dalam zakat jelas siapa yang berhak menerimanya.

"Pada momentum ini, saya berharap dan optimis bahwa pengurus Baznas mampu berperan aktif peduli terhadap masyarakat yang kurang mampu,” ucapnya.

“Serta mampu menjalankan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam mempercepat pengentasan kemiskinan," lanjut Darma.

Ia berharap dengan terselenggaranya rakoor ini, dapat menjadikan pengurus Baznas amanah dan profesional dalam menjalan tugas mulia mengelola zakat, infaq dan sedekah.

Sehingga zakat, infaq dan sedekah yang dikumpulkan dari para Muzakki benar-benar menjadi solusi untuk memberdayakan para umat, menunaikan kewajibannya sebagai hamba.

Di akhir kegiatan rakor, digelar penyerahan piagam penghargaan kepada Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang.

Penghargaan diberikan karena Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dianggap baik dalam Pelaporan dan Pengelolaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Selanjutnya, Baznas Ketapang juga memberikan piagam kepada Bank Kalbar Syariah dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Ketapang.***

Leave a comment