Mengenal Ritual Adat Sansam Sampurai di Desa Senatab Sambas

19 April 2024 21:53 WIB
Ketua adat Dusun Sawah, Desa Sanatab, sedang merapal mantra (nyangahant) untuk ritual adat sansam sampurai. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com – Masyarakat adat Desa Sanatab, Kabupaten Sambas, gelar ritual Sansam Sampurai, Jumat (19/4/2024)

Ritual ini merupakan acara adat bagi masyarak setempat, membersihkan miang padi pada badan, setelah panen, sekaligus menjadi ritual tutup kampung.

Yonas Iyon, Kepala Dusun Sawah, mengatakan, Sansam Sampurai merupakan salah satu adat Dayak Salako, yang ada di Kecamatan Sajingan Besar, rutin digelar setiap tahun.

“Ini merupakan adat turun temurun, dari jaman dulu, sansam sampurai adalah ritual tutup kampung untuk membersihkan badan, setelah panen padi dilakukan,” ucapnya.

Adapun masyarakat Desa Sanatab, terdiri dari tiga dusun. Selama prosesi adat ini dilakukan, warga dilarang melakukan aktivitas apapun, dan hanya boleh berada di dalam rumah.

“Tidak ada aktivitas apapun saat sansam, semuanya tutup, boleh lewat, asal tidak singgah ke rumah warga atau tempat wisata yang ada di desa tersebut, kalau melanggar siap dihukum adat,” ucapnya.

Untuk mencegah pelanggaran bagi masyarakat luar yang datang ke Desa Sanatab, pengurus dewan adat sudah memberikan imbauan berupa surat dan pamflet yang diedarkan.***

Leave a comment