Pj Gubernur Harisson Minta Bank Kalbar Tingkatkan Pelayanan di 60 Tahun Berkiprah

16 April 2024 16:56 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar), saat memimpin apel dan menyampaikan amanat di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (16/4/2024)./Adpim

PONTIANAK, insidepontianak.com - Memasuki usia ke-60 sebagai salah satu bank yang ada dalam sistem perbankan nasional, Bank Kalbar memiliki fungsi dan peran yang signifikan dalam konteks pembangunan ekonomi regional.

Pj Gubernur Kalbar Harisson berharap Bank Kalbar dapat semakin matang dan terus berinovasi, baik di lingkup internal maupun eksternal perusahaan.

Hal itu ditegaskan Pj Gubernur Kalbar Harisson dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar), saat memimpin apel dan menyampaikan amanat di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (16/4/2024).

"Peningkatan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keunggulan kompetitif produk dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada para nasabah," ungkap Pj Gubernur Kalbar Hari sson.

Hal itu agar mampu bersaing dengan perbankan lainnya di tingkat lokal maupun regional, sehingga Bank Kalbar dapat menjadi pelopor pembangunan dan pertumbuhan ekonomi khususnya di Kalimantan Barat. 

Ia menekankan peran Bank Kalbar dalam pembiayaan pembangunan daerah, khususnya melalui kredit untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMKM) dan Usaha Menengah dan Korporasi (UMKMK).

Bank Kalbar juga memiliki peran dalam pembiayaan keuangan pembangunan di daerah, dimana Bank Kalbar menyediakan pemberian pinjaman kepada usaha mikro dan Kecil dan pemberian kredit untuk usaha menengah dan korporasi.

"Dengan menerapkan strategi pertumbuhan berimbang dari tahun ke tahun dan mengutamakan prinsip kehati-hatian serta tidak berlebihan dalam pengambilan resiko," kata Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Dalam rangka upaya pengembangan Bank, dirinya juga meminta perhatian dari seluruh jajaran PT BPD Kalbar berkenaan dengan program digitalisasi agar Bank Kalbar segera meningkatkan kemampuan Sistem Teknologi Informasi yang saat ini dimiliki untuk segera dikembangkan dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan menerapkan manajemen risiko yang baik.

Salah satunya melalui pengembangan Q-RIS Merchant dan aplikasi Mobile Banking agar dapat meningkatkan penetrasi serta memiliki fitur, keamanan dan kenyamanan bagi nasabah.

Selain juga dalam upaya menjalankan fungsi intermediasi bank, juga diminta agar dana masyarakat yang dihimpun Bank Kalbar agar disalurkan kembali kepada usaha yang bersifat produktif khususnya dalam mendukung pertumbuhan UMKM.

"Sehingga komposisi penyaluran kredit produktif dan konsumtif dapat diseimbangkan," kata Harisson.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kalbar ini juga meminta Bank Kalbar untuk dapat memberikan kredit atau bantuan dalam rangka menumbuh kembangkan UMKM.

Penting juga untuk meningkatkan kelas UMKM dari mikro jadi usaha kecil dari usaha kecil jadi usaha menengah yang membutuhkan pembiayaan. 

"Saya harapkan Bank Kalbar juga dapat terus meningkatkan pembiayaan untuk UMKM di Kalimantan Barat," tuturnya.

Terkait penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG), Pj Gubernur Kalbar Harisson meminta kepada seluruh Pejabat dan pegawai di lingkungan Bank Kalbar agar menganut budaya sadar risiko.

Budaya patuh, serta meningkatkan pengawasan melekat dalam upaya Pencegahan Korupsi dan fraud serta temuan berulang dari pemeriksa internal maupun eksternal yang dapat mengarah kepada timbulnya risiko hukum.

Tak lupa Pj Gubernur Kalbar Harisson menyampaikan atas nama  Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat  turut mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 kepada para peserta dan tamu undangan.

Selain itu dirinya juga mengucapkan selamat kepada seluruh Jajaran Komisaris, Dewan Pengawas dan Direksi serta para Pejabat di lingkungan PT BPD Kalbar atas pencapaian yang telah diraih sampai saat ini.

Sebagaimana pada tanggal 20 Maret 2024 yang lalu, Bank Kalbar meraih penghargaan TOP Pembina BUMD 2024, TOP BUMD Award Bintang 5 (lima) dan TOP CEO BUMD Tahun 2024.

Direktur Utama PT BPD Kalbar, Rokidi menyampaikan bahwa sejalan dengan apa yang disampaikan Pj Gubernur Harisson, dirinya berkomitmen agar Bank Kalbar dapat meningkatkan peran intermediasi terutama dalam meningkatkan dan mendukung program pemerintah dalam memberdayakan UMKM.

Kemudian digitalisasi perbankan agar tetap eksis, serta mengeliminir dan meminimalisir terjadinya Fraud sebisa mungkin setidaknya pihaknya akan mengurangi Fraud-fraud yang pernah terjadi di Bank Kalbar serta optimalisasi corporate social responsibility (CSR).

"Bank Kalbar akan meningkatkan layanan digitalnya, tentunya dari core-nya yaitu banking-nya yang akan dibenahi," kata Rokidi.

Hal itu adalah dasar tentang bagaimana mengembangkan digitalisasi sebagaimana apa yang telah dilakukan oleh bank. 

Selain itu untuk Corporate Social Responsibility (CSR) atau Program CSR, sebagaimana amanat Undang-undang bahwa 2,5 persen dari laba harus diserahkan untuk CSR yang melingkupi seluruh wilayah Kalimantan Barat. 

"Dimana CSR tersebut merupakan kewajiban perusahaan untuk berkontribusi terhadap sosial masyarakat, termasuk bantuan - bantuan yang kita serahkan hari ini," terangnya.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat ke-60 Tahun turut dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson.

Dihadiri pula Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah dan Direksi PT BPD Kalbar, Kepala OPD dan Kepala Biro di lingkup Pemerintah Provinsi Kalbar, Direksi PT Jamkrida Kalimantan Barat, Direksi Perumda Aneka Usaha Kalimantan Barat, Para Kepala Divisi, Pimpinan Cabang lingkup PT BPD Kalbar serta jajaran. ***

Leave a comment