H-3 Lebaran, Arus Mudik Penumpang di Pelabuhan Teluk Batang Mulai Padat

7 April 2024 12:32 WIB
Angkutan kapal di Pelabuhan Teluk Batang, Kayong Utara tampak penuh penumpang, Minggu (7/4/2024). (Insidepontianak.com/Muhammad Fauzi)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Jelang H-3 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, arus mudik penumpang di Pelabuhan Teluk Batang, Kayong Utara mulai padat.

Dari pantauan Insidepontianak,com, pada Sabtu (6/5/2024) sore, satu unit kapal angkutan yang bersandar di pelabuhan Teluk Batang, tampak penuh penumpang dan kendaran berjejer di atas kap.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kayong Utara, Wardana menilai, kondisi arus mudik di Pelabuhan Teluk Batang masih relatif terkendali.

“Kapal-kapal yang dioperasikan, masih mampu menampung seluruh penumpang yang hendak keluar dari Kayong Utara," kata Wardana.

Ia pun menegaskan, petugas Dishub Kayong Utara, rutin melakukan pengecekan kepihak-pihak operator kapal untuk memastikan kapasitas angkutan tidak melebihi kemampuan kapal.

"Kami juga mengimbau kepada armada pengangkut dan petugas di lapangan untuk tidak memberangkatkan armada melebihi kapasitas angkut," ucapnya.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kayong Utara juga menambah dua armada kapal motor di Pelabuhan Rasau Jaya untuk angkutan pemudik menuju Pelabuhan Teluk Batang.

"Kapasitas sangat membeludak, indikasi para mahasiswa dan pelajar lainnya pulang kampung bersamaan," jelas Wardana.

Ia pun berharap, perjalan angkutan mudik jalur air rute Teluk Batang-Rasau Jaya dan sebaliknya berjalan lancar, tanpa insiden apapun.

Sebelumnya, Kapal Feri KM Kubu Raya mengalami kecelakaan bertabrakan dengan tongkang di perairan Olak-Olak Kubu pada Jumat (5/4/2024).

Adapun kapal feri tersebut mengangkut penumpang orang dan kendaraan roda dua serta roda empat.  

Menurut Wardana, insiden itu menyebabkan kapal Feri KM Kubu Raya mengalami kerusakan pada bagian lambung. Selain itu sejumlah kendaraan di dalam kapal mengalami kerusakan.

Kecelakaan itu bersifat ringan. Kapal Feri KM Kubu Raya kini telah bersandar lagi di Pelabuhan Teluk Batang dan sedang dalam proses perbaikan.

Wardana memperkirakan, kapal tersebut akan kembali beroperasi pada sore hari ini untuk mengangkut penumpang ke Rasau Jaya.

"Bagi para penumpang yang telah mendaftarkan diri di kapal tersebut, bisa menghubungi konter tiket pemesanan untuk mendapatkan kepastian kelanjutan perjalanan kapal," pesannya.(Fauzi)***

Leave a comment