Komunitas Putra Putri Sanggau Raih Program Sinema Mikro Dana Indonesiana Kemendikbudristek

5 April 2024 14:21 WIB
Ketua Pewarsa Abang Indra

SANGGAU, insidepontianak.com -- Komunitas Putra Putri Sanggau berhasil mendapatkan program Sinema Mikro Dana Indonesiana di tahun 2023, dari Dirjen Kemendikbudristek yang akan dilaksanakan pada 2024.

Komunitas Putra Putri Sanggau jadi salah satu dari 27 komunitas di Indonesia yang mendapatkan manfaat dari Dana Indonesiana atau Dana Abadi Kebudayaan melalui program Sinema Mikro Dana Indonesiana di tahun 2023.

Tujuan program Sinema Mikro Dana Indonesiana di tahun 2023 yang diraih Komunitas Putra Putri Sanggau adalah membantu para pelaku budaya di Indonesia untuk berkembang, meraih prestasi, dan menyalurkan ekspresi.

Baliya Tiakh Alqadri, Ketua Komunitas Putra Putri Sanggau baru saja menyelesaikan lokakarya yang digelar oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek secara daring. 

Lokakarya tersebut merupakan salah satu agenda pertama para penerima manfaat dari Dana Indonesiana untuk kategori sinema mikro.

Baliya mengatakan, Sinema Mikro merupakan sebuah program untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui film pendek yang di produksi oleh komunitas film lokal di Kalimantan Barat. Diharapkan, dalam pemutaran film (layar tancap) itu nantinya terjadi interaksi budaya dan pertemuan ide untuk pemajuan budaya lokal.

"Jadi seluruh masyarakat bisa datang dan menikmati film kearifan lokal melalui program yang kami laksanakan nantinya," kata Baliya.

Menurutnya, guna menyebarluaskan informasi program sinema mikro yang akan dilaksanakan di tahun 2024, pihaknya akan menjajaki kerjasama dengan salah satu komunitas jurnalis di Kabupaten Sanggau yakni Persatuan Wartawan Sanggau (Pewarsa).

"Agar diketahui oleh masyarakat luas, Kami akan coba jajaki kerjasama ini dengan rekan-rekan jurnalis yang tergabung di Pewarsa," ujarnya.

Di tempat berbeda, Abang Indra selaku Ketua Pewarsa menyambut baik rencana tersebut. Ia menilai, kegiatan positif yang dilakukan anak-anak muda di Sanggau mesti didukung, apalagi manfaat dari program tersebut bagi masyarakat luas.

"Rekan-rekan Pewarsa tentu senang dengan itikad positif komunitas ini. Program semacam ini memang sangat perlu didorong baik dalam hal peningkatan kualitas maupun prestasi yang nantinya untuk kemajuan daerah," ucap Indra.

"Saya menilai program sinema mikro tentu punya nilai positif sebagai literasi digital pengetahuan kebudayaan kepada masyarakat Kabupaten Sanggau," imbuhnya.

Komunitas Putra Putri Sanggau berhasil mendapatkan program Sinema Mikro Dana Indonesiana di tahun 2023, keduanya berharap dapat berjalan dengan baik dan lancar. ***

Leave a comment