Harga Telur dan Ayam Merangkak Naik Jelang Idul Fitri, Pemkab Sanggau Lakukan OPM

3 April 2024 10:25 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah, Pemkab Sanggau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindakop UM) terus lakukan pengendalian harga kebutuhan pokok dengan melakukan Operasi Pasar Murah (OPM). 

Kepala Disperindakop UM, Syarif Ibnu Marwan Al-Kadrie mewakili Pemkab Sanggau mengatakan, operasi pasar murah (OPM) selalu rutin dilakukan untuk mngendalikan inflasi daerah yang diharapkan bisa membatu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

OPM yang digelar oleh Pemkab Sanggau diharap memenuhi kebutuhan warga terutama jelang Hari Raya.

"Kita harap masyarakat bisa terbantu ya, terutama menjelang hari raya Idul Fitri, dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata Syarif Ibnu Marwan Al-Kadrie, kepada insidepontianak.com saat meninjau OPM di Pasar Seroja.

Cukup dengan membayar Rp.185.000 masyarakat sudah bisa mendapatkan 5 kilogram beras jenis premium, 2 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram tepung terigu dan 1 kilogram mentega. Harga yang dibayarkan tentunya jauh lebih murah dari yang dijual di toko-toko.

Marwan menegaskan, sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pengendalian inflasi daerah terus dilakukan dengan melakukan OPM oleh Pemkab Sanggau, tidak hanya dalam momentum hari besar keagamaan. Namun secara rutin terus dilakukan dengan melihat dinamika harga kebutuhan pokok di pasar-pasar.

"Ini perintah Pak Mendagri, inflasi terus dilakukan melalui operasi pasar. Baik itu dari Bulog dan dilakukan juga oleh Pemerintah Daerah," ujar Marwan sapaan akrabnya.

Marwan juga mengungkapkan, sejumlah komoditi sudah ada yang mengalami kenaikan harga jelang hari raya Idul Fitri. Diantaranya adalah, harga cabai rawit, telur dan ayam ras harganya sudah merangka naik.

"Ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, terutama untuk ayam ras naik, telur naik dan cabai rawit juga mengalami sedikit mengalami kenaikan. Tapi untuk daging harganya masih tetap," ungkapnya.

Walaupun ada sejumlah komoditi yang sudah mulai menunjukan kenaikan harga, Marwan optimis angka inflasi di Kabupaten Sanggau masih aman terutama saat menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H melalui OPM yang digelar Pemkab Sanggau. (ans)

Leave a comment