Pesan Sekda Yusran Anizam ke 107 Siswa Calon Paskibraka Kabupaten Kubu Raya

31 Maret 2024 09:56 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memulai seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka tahun 2024.

Kegiatan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Kabupaten Kubu Raya tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam di Aula SMA Negeri 1 Sungai Raya.

Sebanyak 107 siswa SMA sederajat, terdiri dari 78 putra dan 29 putri, mengikuti tahapan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Kabupaten Kubu Raya tahun 2024.

Menurut Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam, siswa-siswi yang menjadi peserta seleksi ini merupakan siswa yang berprestasi.

“Mereka bisa lolos terpilih mewakili sekolah yang tersebar di 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Sekda.

Kepada semua peserta seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Kabupaten Kubu Raya tahun 2024, Yusran berpesan agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dengan mempersiapkan fisik dan mental serta menjaga kesehatan selama berlangsungnya seleksi.

“Jaga kesehatan, maksimalkan kemampuan dan tampilkan. Lakukan apa yang menjadi Arahan dari tim seleksi," pinta Yusran.

Dia berharap para siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Bukan sekedar sebagai pengibar bendera, namun lebih dari itu. Semangat anak muda inilah yang harus selalu ditanamkan.

“Saya bangga melihat adik- adik ini. Keikutsertaannya dalam seleksi ini menjadi bukti rasa cinta kepada tanah air. Semangat dan niat yang kuat seperti inilah yang harus selalu dijaga pada generasi muda," katanya.

Seleksi ini juga merupakan program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Saya harap adik-adik ini penuh semangat dan mempunyai jiwa kokoh sebagai calon Duta Pancasila. Bersemangat untuk menularkan ideologi Pancasila kepada masyarakat, serta merawat ketahanan bangsa,” harap Yusran.

Namun, Yusran juga berpesan kepada seluruh peserta seleksi agar tidak berkecil hati jika nanti mereka tidak terpilih untuk menjalankan tugas sebagai paskibraka.

"Yang penting, ikuti aturan yang ditetapkan oleh tim seleksi. Tetap bersemangat dan berjuang. Bagi yang tidak lolos jangan berkecil hati," pesannya.

Yusran kembali mengingatkan para generasi muda agar mempersiapkan diri menghadapi era bonus demografi. Dimana saat itu angka usia produktif akan meningkat signifikan dibandingkan dengan usia tidak produktif. “Puncaknya nanti di tahun 2030. Tantangannya akan lebih berat, karena persaingannya jauh lebih ketat. Kalau tidak dipersiapkan dari sekarang, tentu kita akan menyesal nanti,” tuturnya. Anggota Paskibraka dari

Seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Kabupaten Kubu Raya tahun 2024 ini nanti akan dipersiapkan menjadi Duta Pancasila.

"Sehingga diperbolehkan tidak sebatas menaikan dan menurunkan bendera pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan saja," tutupnya. ***

Leave a comment