DPRD Sambas Gelar Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2023, Apresiasi Capaian Pembangunan

25 Maret 2024 14:36 WIB
DPRD Sambas, gelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Sambas Tahun Anggaran 2023, Senin (25/03/2024). (Insidepontianak.com/Nia)

SAMBAS,insidepontianak.com – DPRD Sambas, gelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ Pemerintah Kabupaten Sambas Tahun Anggaran 2023, Senin (25/03/2024).

Rapat paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DRPD Sambas, Abu Bakar. Ia menyampaikan, LKPJ ini merupakan amanat Undang-Undang No 23 Tahun 2014 yang wajib disampaikan pemerintah daerah ke DPRD.

“Atas dasar itu, Kepala Daerah satu kali dalam setahun, wajib melapor LKPJ-nya kepada DPRD,” ucap Abu Bakar.

LKPJ ini nanti akan dilakukan evaluasi lewat pembahasan di fraksi-fraksi. Hasil evaluasi itu dijadwalkan akan disampaikan DPRD ke Pemkab Sambas dalam bentuk rekomendasi-rekomendasi.

“Rekomendasi hasil evaluasi LKPJ akan disampaikan pada 20 April mendatang,” ucapnya.

Di luar itu, Abu bakar melihat, capaian pembangunan Kabupaten Sambas di 2023 cukup baik.

Ini dapat diukur dari laju pertumbuhan ekonomi yang menunjukan trend positif. Data BPS memperlihatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sambas Tahun 2023 di angka 4,69 persen.

Selain itu, pertumbuhan IPM Kabupaten Sambas juga terus meningkat. Adapun IPM Kabupaten Sambas pada tahun 2023 mencapai 70,60, meningkat 0,72 poin (1,03 persen) dibandingkan capaian tahun sebelumnya (69,88).

Atas capaian itu, Abubakar mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas di bawah kepemimpinan Bupati Satono.

“Kita berharap ke depannya pertumbuhan ekonomi semakin membaik, sehingga pembangunan infrastruktur terus meningkat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Paripurna LKPJ Pemerintah Kabupaten Sambas Tahun Anggaran 2023 ini dihadiri langsung Bupati Satono didampingi Sekda Ferry Madagaskar, jajaran pimpinan OPD dan unsur Forkopimda. (Nia)***

Leave a comment