Terapkan Budaya K3, PLN UIP KLB Raih Penghargaan dari Pemprov Kalbar

20 Maret 2024 16:32 WIB
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) mencetak prestasi gemilang dengan meraih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja

PONTIANAK, insidepontianak – Dalam acara pertemuan bertajuk Puncak Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Pontianak. 

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) mencetak prestasi gemilang dengan meraih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja atau Zero Accident. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Mohammad Bari selaku Pejabat (Pj) Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Pontianak pada bulan Februari 2024 lalu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Hermanus, dan 46 Perusahaan baik BUMN, BUMD dan Swasta yang tersebar di Provinsi Kalimantan Barat. 

Bulan K3 Nasional diperingati selama sebulan penuh, dihitung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2024. Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024, diselenggarakan serentak di seluruh tanah air dengan mengusung tema ”Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. 

Saat membacakan Berbagai Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, dimana dalam penyampaiannya, Pj Sekda Mohammad Bari menyebut bahwa Pembangunan Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul, tidak hanya mengusung penyusunan regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan. 

Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan. 

“Salah satu kunci penting dari Pembangunan Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang baik. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” ucap Bari. 

Keberhasilan program K3 diharapkan dapat menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup, dan Indeks Pembangunan Manusia. Lebih jauh lagi, implementasi implementasi K3 akan sangat mendukung pembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, serta peningkatan daya saing nasional di era global. 

“Di tingkat internasional, Indonesia telah membuat komitmen yang sangat kuat untuk mewujudkan pekerjaan layak dan memainkan peran penting guna memastikan bahwa persoalan ketenagakerjaan dan tenaga kerja dimasukkan ke dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” tambah Bari. 

Sebagai salah satu unit PT PLN (Persero) yang memiliki tugas membangun infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, PLN UIP KLB telah sukses menerapkan nihil kecelakaan dan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalimantan Barat. Keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen yang kuat dan langkah-langkah strategi yang diambil oleh manajemen dan seluruh tim di PLN UIP KLB. 

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim dalam menjaga keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja,” ujar Muhammad Dahlan Djamaluddin, General Manager PLN UIP KLB. 

Langkah-langkah konkret seperti Walkdown Manajemen, penerapan Budaya Inspeksi yang melibatkan penghargaan bagi karyawan, baik internal PLN maupun kontraktor, serta penerapan CSMS (Contractor Safety Management System) telah menjadi landasan yang kuat dalam mencapai prestasi ini. 

Terhitung sejak 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2023, KLB PLN UIP telah mencapai 1.628.229 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja bukan hanya menjadi prestasi tersendiri bagi unit tetapi juga merupakan sebuah komitmen untuk terus menjaga standar keselamatan yang tinggi di masa mendatang.

“Ini membuktikan safety excellence sudah menjadi budaya di PLN UIP KLB. Kami terus berupaya mempertahankan capaian ini untuk tahun-tahun berikutnya,” imbuh Dahlan. 

Zero Accident bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Hal ini membutuhkan komitmen yang kuat dari semua pihak, mulai dari manajemen hingga pegawai di lapangan. 

PLN UIP KLB berhasil menciptakan budaya keselamatan yang kuat di setiap lini kerja. 

“Kami percaya bahwa setiap kecelakaan dapat dihindari, dan itulah yang menjadi komitmen kami. Kami terus menerapkan standar keselamatan tertinggi dan terus mengembangkan inovasi untuk memastikan setiap pekerjaan dilakukan dengan aman,” tambahnya. 

Penerapan budaya K3 di PLN UIP KLB dilakukan secara menyeluruh, baik di tingkat pegawai maupun mitra kerja. 

“Untuk itu kami mewakili manajemen mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan PLN UIP KLB dan mitra kerja yang telah mendukung terciptanya penghargaan terkait keselamatan ini,” tutup Dahlan. ***

Leave a comment