Lakukan Pengawasan, Dinkes dan Puskesmas Sanggau Pastikan Takjil Aman

20 Maret 2024 11:00 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau dan Petugas Kesehatan Puskesmas Sanggau lakukan pengawasan makanan dari zat kimia berbahaya.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Turun lansung ke lapangan untuk meninjau sejumlah lapak para pedagang takjil atau pasar ramadhan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau dan Petugas Kesehatan Puskesmas Sanggau melakukan pengawasan makanan dari zat kimia berbahaya.

Dengan tujuan mencegah dan melindungi masyarakat dari konsumsi berbagai olahan pangan atau jajanan berbuka puasa yang mengandung berbagai zat yang berbahaya dan aman dari sisi kesehatan.

“Bahwa olahan pangan yang dijual pedagang tidak boleh mengandung zat kimia berbahaya seperti zat pewarna, pengawet, pemanis buatan dan lainnya,” kata Kepala Puskesmas (Kapus) Sanggau dr. Yuliana Yuli Exlasia.

Selama ramadhan 1445 H banyak dijumpai pedagang takjil dipinggir jalan atau yang mengira di pasar ramadhan bermunculan secara dadakan. Untuk itu, dr. Yuliana Yuli Exlasia tekanan pentingnya pengawasan dilakukan agar menjamin produk yang dijual benar-benar aman dan sehat.

“Makanan yang aman dikonsumsi selain bebas dari zat kimia berbahaya, juga harus tetap terlihat baik, masih tampak segar alami dan tidak menggunakan bahan tambahan yang dapat merusak kesehatan,” ucapnya

Kemudian, dr. Yuli sapaan akrabnya mengatakan bahwa kegiatan pengawas makanan/jajanan yang muncul saat Ramadhan ini akan terus dilakukan secara berkala.

“Mari pastikan makanan dan minuman yang kita konsumsi adalah Makanan bernutrisi dan membuat kita tetap sehat selama berpuasa,” tutupnya.(ans)

Leave a comment