Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Akbar Sambut Ramadhan

9 Maret 2024 09:44 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pawai Akbar digelar untuk memupuk kebersamaan, semangat Ukhuwah Islamiyah sesama umat.

Ribuan peserta Pawai Akbar menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah tumpah ruah di depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman, Sabtu (9/3/2024).

Dengan berbagai kostum dan ornamen-ornamen Islami, para peserta begitu antusias mengikuti Pawai Akbar yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak dengan berjalan kaki. 

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian bersama Sekretaris Daerah Kota Pontianak Mulyadi dan Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zarin menabuh rebana menandai dimulainya Pawai Akbar.

Ani Sofian mengungkapkan pawai akbar juga sebagai bentuk kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah.

“Bulan Ramadhan adalah Bulan yang agung, bulan yang mulia, bulan yang penuh rahmat dan ampunan,” ujarnya.

Sebagai umat Islam, lanjut Ani, tentunya semua umat Islam yang bersyukur dapat bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan karena Allah akan membuka selebar-lebarnya pintu kebaikan dan pintu pengampunan. 

Sebaliknya, bagi umat Islam yang tidak memanfaatkan kesempatan ini maka akan merugi bagi dirinya sendiri.

“Marilah kita sambut bulan suci Ramadhan ini dengan rasa syukur dan kegembiraan, bersihkan hati dan saling memaafkan satu dengan yang lain karena dengan hati yang bersih, kita dapat menjalani amal ibadah bulan puasa dengan baik dan ikhlas,” katanya.

Menurutnya, puasa juga dikatakan sebagai bulan pendidikan, puasa mengajarkan umat untuk berlapar-lapar agar ikut merasakan betapa pedihnya lapar. 

Sehingga orang yang berpuasa semakin peka terhadap sesama yang hidup di bawah garis kemiskinan.

“Dengan rasa lapar juga kita diajarkan untuk peduli dengan penderitaan orang lain,” ungkap Ani.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk saling menghormati, saling menghargai di antara sesama umat beragama sehingga tercipta suasana aman dan damai, harmonis dalam keberagaman.

“Kondisi seperti ini perlu terus kita jaga karena hal tersebut juga merupakan modal kita untuk dapat membangun Kota Pontianak yang kita cintai,” imbuhnya.

Ketua PHBI Kota Pontianak Iwan Amriady menerangkan, Pawai Akbar ini diikuti oleh 58 kelompok peserta, yang terdiri dari pengurus masjid, surau, majelis taklim, pondok pesantren dan siswa-siswi SMP, MTs, SMA, MA dan SMK serta perwakilan kantor kecamatan dan drumband se -Kota Pontianak.

Kegiatan pawai akbar terdiri dari pawai jalan kaki dan drumband. Rute yang dilalui mulai dari depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman - Pak Kasih - Hasanuddin - Merdeka - Jenderal Urip - Jenderal Sudirman - finish di Jalan Rahadi Usman.

“Panitia juga menyediakan hadiah dan doorprize bagi peserta,” terangnya.

Iwan menambahkan, maksud dan tujuan digelarnya Pawai Akbar ini untuk meningkatkan silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah sesama umat Islam serta menyebarkan syiar-syiar Islam di kalangan umat.

Melalui momentum perayaan Hari Besar Islam seperti kegiatan Pawai Akbar ini diharapkan dapat lebih membudayakan nilai-nilai Islami ke dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai bentuk pengamalan terhadap ajaran agama Islam untuk meningkatkan kualitas umat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” tutupnya. ***

Leave a comment