Waspada Longsor, Sejumlah Ruas Jalan Pemukiman Warga Rusak Parah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Akibat curah hujan tinggi, sejumlah ruas jalan pemukiman warga di Kabupaten Sanggau mengalami kerusakan akibat tanah longsor.

"Kejadian tanah bergerak atau longsor ini diduga akibat hujan yang terjadi kemarin malam," kata Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Budi Darmawan saat dimintai keterangan pada Minggu, (2/3/2024) malam.

Sejumlah ruas jalan yang rusak tersebut di Gang Mekar jalan RE Martadinata, Gang Bhineka jalan RE Martadinata, Gang Batu Ampar jalan RE Martadinata, Gang Amal jalan RE Martadinata dan jalan Kini Balu.

Dalam peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa. Atas kejadian itu, warga di sekitar area kejadian diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat situasi hujan.

"Kondisi cuaca sangat tidak menentu, kami himbau setiap warga tetap waspada dengan ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja," ujar Budi.

Budi mengatakan, pemerintah daerah melalui BPBD terus mengupdate perkembangan situasi bencana yang terjadi. Dengan menginventarisir dan mitigasi potensi bencana alam sedini mungkin diharapkan mampu mengurangi resiko korban jiwa.

Budi menambahkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan relawan bencana BPBD yang ada dilapangan tetap stand by. Masyarakat bisa dengan secara lansung dan cepat melaporkan kejadian bencana alam dan mendapat bantuan/pertolongan sesegera mungkin. (ans)

Leave a comment