Disnakertrans Kalbar Ajak Stakeholder Bantu Tangani Pengangguran

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalimantan Barat menggelar workshop bursa kerja dan sosialisasi job fair virtual di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan ini bertujuan mengajak para stakeholder untuk meningkatkan pelayanan di bidang tenaga kerja dalam mengatasi pengangguran di Kalbar.

Kepala Disnakertrans Kalbar, Hermanus mengatakan, bahwa masalah pengangguran tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk para pencari kerja," kata Hermanus.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kesempatan sebagai tempat berdiskusi bertukar pikiran dan bertukar pendapat untuk merumuskan program-program ketenagakerjaan.

"Ini merupakan salah satu cara kita untuk menyamakan persepsi dan cara pandang bersama stakeholder," sambungnya.

Hermanus berharap, dengan adanya kegiatan workshop ini, para stakeholder dapat memberikan masukan-masukan kepada Disnakertrasns Kalbar.

"Kita harap akan mendapat berbagai rekomendasi yang bisa dilakukan sesuai peran masing-masing," harapnya.

Di samping itu, Hermanus mengungkapkan, bahwa tugas pemerintah selanjutnya adalah membuat regulasi dan berupaya dalam menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

"Kita memberikan pelayanan berupa pelatihan kerja, pemagangan dan penempatan tenaga kerja," ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 70 stakeholder di Kalbar, di antaranya perusahaan-perusahaan, dinas pendidikan dan kebudayaan, perguruan tinggi, sekolah menengah kejuruan (SMK) serta Disnakertrans kabupaten/kota.(greg)***

Leave a comment