PLN dan Polri Edukasi Bahaya Listrik dan Safety Riding

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebanyak 62 siswa/i campuran dari kelas X, XI dan XII hadir mengikuti sosialisasi mengenai safety riding.

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) bersama Satlantas Polresta Pontianak mengadakan Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Masyarakat Umum di SMK Negeri 3 Pontianak pada 30 Januari 2024.

Edukasi diberikan oleh tim Satlantas Polresta Pontianak dan bahaya listrik yang disampaikan oleh tim K3L PLN UIP KLB.

Materi sosialisasi yang disampaikan adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan kewaspadaan dalam setiap kegiatan baik itu berkendara maupun ketika berhubungan dengan instalasi listrik.

Acara edukasi ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Satlantas Polresta Pontianak, AKP Eka Suwarna; Kepala Sekolah SMKN 3 Pontianak, Syahri; dan Manager Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan (K3L & KAM) PT PLN (Persero) UIP KLB Elga Bagus Sulaksmono.

“Anak-anak perlu mengetahui tentang safety atau keselamatan khususnya di sekolah. Listrik ini tidak kelihatan, namun bisa sangat berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Sedangkan, tertib dalam berkendara juga penting untuk diketahui agar anak-anak dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara,” terang Kepala Sekolah SMKN 3 Pontianak, Syahri.

“Semoga materi ini dapat dimanfaatkan oleh para siswa/i sehingga dapat terhindar dari kecelakaan. Safety adalah hal utama dalam berlalu lintas maupun dalam berkegiatan dengan menggunakan alat listrik,” lanjutnya.

Wakil Kepala Satlantas Polresta Pontianak, AKP Eka Suwarna menjelaskan bahwa kecelakaan dalam berkendara itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tidak semata-mata human error atau kesalahan pengemudi, tetapi bisa juga dari faktor eksternal seperti fasilitas jalan maupun cuaca, “Kecelakaan di Indonesia tahun 2023 lalu mencapai lebih dari seratus ribu kasus dan yang meninggal mencapai 26.000 jiwa. Jadi jangan dianggap sebelah mata, kami melakukan pembinaan safety riding untuk keselamatan bersama. Kita tertib di jalan jangan karena ada aturan, kita tertib di jalan karena keselamatan itu sendiri,” jelas Eka.

Sebagai perusahaan yang menyediakan energi listrik kepada masyarakat, PLN juga memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat terkait bahaya listrik, “Agenda edukasi K3 ini merupakan salah satu tanggung jawab kami PLN kepada masyarakat tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Pada kesempatan kali ini, kami bekerja sama dengan Satlantas Polresta Pontianak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal ini siswa/i SMK Negeri 3 Pontianak,” kata Manager K3L & KAM PT PLN (Persero) UIP KLB, Elga Bagus Sulaksmono.

Pada kesempatan lain, General Manager PLN UIP KLB Muhammad Dahlan Djamaluddin menyampaikan bagaimana pentingnya budaya safety dimiliki oleh setiap individu penting bagi semua untuk memiliki prinsip keselamatan.

"Kita harus dapat memastikan pada diri sendiri ketika kita keluar dan pulang ke rumah itu dengan selamat. Kita harus Lebih peduli dan memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri. Mudah-mudahan edukasi ini bisa menambah wawasan bagi kita semua dalam berkendara di jalan raya dan dalam memanfaatkan atau menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh pihak baik itu Satlantas Polresta Pontianak maupun SMK Negeri 3 Pontianak dalam mensukseskan acara ini. ***

Leave a comment