PSR 2023 Tidak Terserap Maksimal

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Program Sawit Rakyat (PSR) tahun 2023 kuotanya hanya terpenuhi lebih kurang 25 persen atau 700an hektar dari tiga ribu hektar yang disiapkan pemerintah.

Kondisi tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Syafriansyah.

"Iya hanya 700an hektar dari tiga ribu hektar yang disiapkan atau 25 persennya saja untuk tahun 2023," ungkap dia saat ditemui di kantornya, Rabu (24/1/2024) pagi.

Menurut Safriansyah, di masyarakat ada ketakutan-ketakutan pada aspek hukum. Padahal, lanjut dia, sudah diberikan pengarahan langsung oleh penegak hukum mengenai hal-hal tersebut.

"Intinya ada ketakutan pada aspek hukum. Padahal kita sudah meyakinkan, sudah sosialisasikan bahwa selama tidak ada hal-hal yang menyimpang tentu tidak akan menjadi masalah," jelasnya.

Berkaitan PSR tahun 2024, pihaknya telah mengusulkan kuota tiga ribu hektar. Namun, mengenai kepastian kuotanya nanti masih menunggu dari pusat.

"Tahun 2024 kita belum tahu kuota pastinya. Kita sudah ajukan masih tiga ribu hektar tetapi belum tahu berapa nanti kita dapat kuota," ujarnya. (ans)

Leave a comment