Empat Tempat Makan Chai Kue Pontianak Halal: Ada Mak Kundil hingga Gleam Cafe

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kamu yang suka travelling plus makan-makan cantik, terutama bagi kamu yang muslim dan sangat berhati-hati soal kehalalan, nah mimin merekomendasikan tempat makan chai kue Pontianak halal.

Nah, tak ada salahnya memilih chai kue Pontianak halal terutama kamu yang beragama Islam. Meski chai kue adalah kuliner khas Tionhoa, tapi kebanyakan dibuat dari sayuran yaa.

Tak sulit menemukan chai kue Pontianak halal karena meski resep asli dibuat oleh Tionghoa peranakan, tapi faktanya banyak chai kue sudah dipastikan halal.

Ada beberapa tempat atau restoran yang menyediakan chai kue Pontianak halal kukus dan goreng di Kota Pontianak, dari mulai lesehatan, kantin sekolah hingga restoran.

Faktanya juga cukup banyak tempat makan atau restoran di Kota Pontianak yang menyediakan choi pan atau chai kue khas citarsa lokal yang berbaur rasa dengan budaya lokal Pontianak.

Umumnya, chai kue umumnya dikenal di daerah-daerah lain yang memiliki komunitas Tionghoa. Di Bangka Belitung, kue ini juga dinamakan choi pan oleh penutur Hakka.

Nama lainnya adalah choi-pau-pan atau sam-kok-pan dengan bentuk segitiga yang disantap dengan cuka pedas manis.

Chai Kue Pontianak Halal/Google Map
Chai Kue Pontianak Halal/Google Map

Di Medan, hidangan ini disebut chai pao yang dibuat dengan cara digoreng. Seiring berjalannya waktu, terdapat beragam variasi isian chai kue antara lain isian kari ayam, udang, ebi kukus, jamur, dan potongan daging

Sementara di Kota Pontianak Choi pan lebih banyak dikukus. Meski ada yang juga digoreng tapi warga lokal lebih menyukai hidangan choi pan yang dikukus.

Di Kota Pontianak sendiri, juga dikenal dengan nama lain yaitu chai kue. Bisa dibilang, saat ini choi pan dianggap cemilan harian oleh warga lokal.

Berikut tempat makan atau restoran yang menyediakan chai kue Pontianak halal:

  1. Restoran Mak Kundil

Nah, restoram Mak Kundil mengusung menu khas tradisional Pontianak.Tak hanya menjual Choi pan tapi menjual berbagai menu khas yang sulit ditemukan di tempat lain.

Mereka sudah memiliki sertifikasi MUI lho. Jadi, dipastikan halal yaa.

Restoran Mak Kundil jadi salah satu banyak pilihan temat makan yang menawarkan tak hanya menu lokal taapi citarasa juga khas yang membuat ketagihan.

  1. Choi Pan/Chai Kue Muslim

Choi Pan/Chai Kue Muslim terletak di simpang Jalan Jeranding, Pontianak Barat. Dari namanya, bisa dipastikan semua bahan-bahan untuk membuat choi pan adalah halal.

Buka mulai pukul 10.00 hingga habis yaa.

  1. Gleam Cafe

Terletak di Jl. Tamar No.3, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78112. Gleam Cafe banyak menawarkan menu choi pan atau chai kue.

Dari mulai kukus hingga goreng. Mereka sudah memiliki sertifikat halal MUI, jadi bisa dipastikan halal.

Tak hanya itu, restoram Gleam Cafe ini juga banyak menjual aneka menu masakan lokal Pontianak, sebuat saja masakan Tionghoa hingga masakan Melayu.

Gleam Cafe mulai buku pukul 10.00 hingga pukul 21.00 WIB. So, jangan ragu untuk mampir yaaa ..

  1. Restoran A Hin Chai Kue Panas Siam

Restoran A Hin Chai Kue Panas Siam salah satu spot terbaik untuk citarsa otentik choi pan atau chai kue ini. Terletak di Jalan Siam area Jalan Gajahmada

A Hin cukup terkenal lho di kalangan pelancong atau wisatwan yang datang ke Kota Pontianak. Kata mereka, tak lengkaap ta mencoba street food chai kue A Hin ini.

Belum diketahui apakah A Hin sudah mengantongin izin halal. Namun, ada larangan atau peringatan membawa makanan non halal.

Namun, untuk memastikan bagi kamu yang ragu, jangan ragu untuk bertanya kepada pelayan atau pemilik soal kehalalannya yaa.

Semoga informasi mengenai tempat makan chai kue Pontianak halal bisa bermanfaat yaaa. (REDAKSI)

Leave a comment