Hadiri Diskusi Publik, AHY Disambut Meriah Milenial Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono disambut meriah oleh mahasiswa dan generasi muda Kota Pontianak, saat AHY menghadiri acara Diskusi Publik dengan tema "Mewujudkan Indonesia Emas 2045: Tantangan dan Peran Generasi Muda", Kamis, 28 Desember 2023, di Aming Coffee Podomoro, Pontianak. 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh sejumlah anak Muda Kota Pontianak yang tergabung dalam Sobat Milenial, membedah gagasan dan pemikiran AHY yang dituangkan dalam buku "Mewujudkan Indonesia Emas 2045". Buku Volume ke 2 dari Tetralogi Transformasi AHY.

Adapun pemateri diskusi ini. adalah Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) 2022 Bayu Satria, Presiden Mahasiswa (Presma) BEM Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) 2022 Zean Novrian, dan Presma BEM Univeristas Tanjungpura 2023 Radlial Anwar.

Di depan ratusan mahasiswa dan generasi muda yang hadir dalam kegiatan tersebut, AHY mengaku senang, dapat berkunjung ke Pontianak dan ia mengapresiasi pelaksanaan diskusi yang juga diinisiasi oleh sahabatnya, Herzaky Mahendra Putra.

"Saya senang, sahabat saya Herzaky Mahendra Putra menyelenggarakan kegiatan bedah buku dengan teman-teman BEM dari berbagai kampus di Kota Pontianak," pujinya.

AHY menjelaskan bahwa buku tersebut diluncurkan pada Agustus 2023. Buku tersebut merupakan rangkaian memikirkan, gagasan, dan apa yang selama ini ia perjuangkan baik dari jalur militer, keluar dan bertransformasi hingga menjadi politisi saat ini.

"Ada empat volume empat buku yang dirangkum dalam Tetralogi Transpormasi AHY," terangnya.

Menurut AHY, yang ingin dia sampaikan dalam buku ini, bagaimana mewujudkan Indonesia Emas 2045 atau Indonesia yang lebih baik di masa depan. AHY meyakini, Indonesia dapat merayakan itu.

"Kita bisa, karena potensi dan peluang ada. tapi tantangan kompleks. Karena itulah, perlu sinergi dan kolaborasi lintas generasi," terangnya.

Menurutnya, energi masyarakat Kalbar luar biasa dan ingin berperan, serta ikut serta menjemput Indonesia Emas. Namun, untuk menjemput Indonesia Emas perlu komitmen dalam membangun SDM.

Pembangunan SDM harus mendapat prioritas. Kita perlu pembangunan infrastruktur Kalbar, koneksivitas transportasi, termasuk gerakan peningkatan ekonomi yang baik.

"Tapi, yang tak boleh dilupakan adalah pembangunan SDM,"ungkapnya.

Menurut AHY, jumlah anak muda makin besar atau dikenal dengan bonus demografi. Tapi, apalah artinya bonus demografi tanpa kompetensi.

Karena itulah, menyongsong Indonesia Emas 2045 ada momentum penting yang tak boleh dilewatkan anak muda. Yakni Pemilu 2024. Ia berharap, generasi muda bisa berperan dan menentukan masa depan Indonesia termasuk Kalbar yang lebih baik.

"Kita ingin hadir pemimpin, termasuk Wakil rakyat agar bisa memperjuangkan harapan masyarakat, meningkatkan ekonomi, dan  kesejahteraan masyarakat, serta mengurangi kemiskinan dan ketimpangan sosial termasuk meningkatkan kualitas kehidupan melalui pendidikan dan kesehatan,“ terangnya.

Sementara itu, sahabat AHY, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, ada tiga titik bedah buku AHY yang dilakukan. Pertama, lokasi di Weng Coffee Pontianak yang membedah buku 'Merayakan Demokrasi Tanpa Polarisasi' dan hari ini bedah buku 'Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045'.

"Besok kita akan laksanakan bedah buku lagi di Pontianak Timur. Tujuannya agar masyarakat semakin banyak yang merasakan langsung bahwa pemikiran AHY menembus batas wilayah, batas kelompok, dan batas usia," terangnya.

Herzaky berharap, gagasan dan pemikiran, AHY dapat menjadi inspirasi generasi muda di Kota Pontianak.

"Semoga gagasan dan pemikiran AHY menjadi inspirasi anak muda. Sebab, AHY adalah tokoh muda yang visioner yang mengedepankan kebersamaan dan kesetaraan diantara semua. Inilah esensi Kalbar untuk semua, dan Indonesia untuk semua," tutupnya.

Ketua BEM Universitas Indonesia tahun 2022, Bayu Satria memuji gagasan dan pemikiran AHY yang ditulisnya dalam buku "Mewujudkan Indonesia Emas 2045". Menurutnya,  gagasan AHY sangat menarik.

Anak muda menurut Bayu harus memiliki banyak mimpi terutama untuk membangun bangsa semakin baik di masa mendatang.

"Anak muda jangan pernah takut gagal, kita generasi muda harus tangguh,” jelasnya.

Bayu mengungkapkan, mewujudkan Indonesia emas telah menjadi rencana besar pembangunan bangsa di masa mendatang.

Apalagi generasi muda kini memegang saham paling besar untuk ikut berperan dalam pembangunan bangsa. Sehingga semuanya harus berperan dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

“Indonesia emas 2045 bagi saya merupakan visi yang menarik,” tutupnya. ***

Leave a comment