Perketat Keamanan WA: Begini 2 Cara Pasang Kunci WhatsApp di Android dan Iphone

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Mengamankan medsos dari kejahatan dunia siber sangatlah penting. Oleh karena itu, terdapat 2 cara memasang kunci WhatsApp supaya tidak bisa disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Mengandalkan tutorial 2 cara pasang kunci keamanan pada WhatsApp ini tergolong mudah. Jadi, penting kiranya bagi kamu untuk mengetahui sistem tersebut bekerja yang mampu memperkokoh data privasi yang tersimpan pada WA.

Pembahasan mengenai 2 cara pasang kunci WhatsApp ini juga tidak perlu memerlukan aplikasi tambahan. Pasalnya, aplikasi berlambang telepon genggam dengan background warna hijau ini sudah menyediakan berbagai fitur keamanan.

Selain itu, artikel tentang cara menerapkan kunci pengaman pada WhatsApp ini dibagi menjadi dua bagian dan menyesuaikan jenis ponsel pengguna, yakni Android dan iOS. Sebab, secara garis besar smartphone kekinian bisa dikatakan memiliki dua jenis sistem berbeda.

Misal, pengguna Android tidak dapat melakukan cara memasang keamanan WhatsApp dengan mengikuti panduan Iphone, begitu juga sebaliknya. Jadi, pastikanlah kamu membaca dan mengikuti panduan dengan tepat agar tidak salah.

Agar lebih memahami cara mengatur pengaman pada WA, berikut ulasan lengkap 2 cara pasang kunci WhatsApp di Android dan Iphone:

Terapkan Kunci Keamanan WA pada Android.

Smartphone dengan sistem Android memiliki opsi penguncian WhatsApp dengan bantuan fingerprint. Sistem ini bekerja dengan menscanning atau menyalin sidik jari pengguna, perhatikan tutorial di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Masuk ke menu 'Setelan' atau 'Setting' pada WhatsApp.
  4. Klik opsi 'Privasi'.
  5. Ketuk pilihan 'Fingerprint' atau 'Kunci dengan Sidik Jari'.
  6. Silahkan tempatkan salah satu jari yang hendak discan.
  7. Lakukan panduannya hingga selesai.

Bila sudah, kunci keamanan WhatsApp dengan fingerprint sudah aktif. Selanjutnya, jika hendak membuka aplikasi WA kamu akan diminta untuk melakukan scan sidik jari yang telah dipindai.

Dengan demikian, meski seorang hacker berhasil masuk ke akses ponsel mereka tidak akan dapat membuka layanan WhatsApp. Pasalnya, aplikasi akan membutuhkan sidik jari yang sah.

Selain dengan mengamankan WA melalui fingerprint, WhatsApp juga menyediakan sistem keamanan lain yang bernama verifikasi dua langkah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon titik tiga yang terletak di pojok atas sebelah kanan.
  3. Masuk ke pengaturan WA.
  4. Ketuk opsi 'Akun'.
  5. Selanjutnya, masuk ke menu 'Verifikasi dua langkah'.
  6. Masukkan PIN dengan karakter enam angka.
  7. Lakukan verifikasi berupa konfirmasi PIN.
  8. Masukkan pula alamat email yang dimiliki.
  9. Verifikasi dua langkah sudah aktif.

Kunci WhatsApp di Iphone.

Pengguna Iphone juga bisa mengamankan WhatsApp dengan sistem khusus. Keamanan ini dikenal dengan Face ID atau Touch ID. Simak langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Klik ikon titik tiga untuk masuk ke menu selanjutnya.
  3. Akses pilihan 'Akun'.
  4. Klik opsi 'Kunci Layar'.
  5. Silahkan pilih sistem kunci yang tersedia, yakni pada opsi 'Perlu Face ID' atau 'Perlu Touch ID'.
  6. Ikuti petunjuk yang diberikan.
  7. Kunci pada WhatsApp pun telah aktif.

Demikian pembahasan mengenai 2 cara pasang kunci WhatsApp di Android dan Iphone agar tidak bisa diretas. Selamat mencoba! (Dzikrullah)

Leave a comment