Mengintip Menu Tahun Baru di Indonesia, dari Pizza hingga Gorengan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Apa yang tidak pernah lepas dari sebuah perayaaan? Jawabnya, tentu makanan. Begitu juga dengan Tahun Baru, ragam menu tersaji dan menjadi semacam tradisi, termasuk di Indonesia.

Menu Tahun Baru di Indonesia tentu saja beragam, tergantung daerahnya masing-masing. Namun, secara umum makanan ringan yang tersaji cenderung banyak yang sama, sebut saja menu bakaran.

Menu bakaran seperti jagung bakar atau seafood bakar adalah yang paling umum di Indonesia, tapi ada makanan lain yang biasanya ada saat Tahun Baru dan itu asyik dimakan beramai-ramai.

Menariknya, jika tidak mau membeli, biasanya menu Tahun Baru ini pun bisa dibuat sendiri. Memasaknya bak jadi atraksi yang menarik guna menanti pergantian tahun.

Nah, melansir sehataqua.co.id, Kamis (28/112/2023), ada banyak makanan yang bisa dibuat sendiri atau dibeli saat malam Tahun Baru. Berikut daftarnya:

  1. Pizza

Jika ingin makanan Tahun Baru yang praktis, Anda dapat menyediakan pizza sebagai hidangan utama di malam pergantian tahun nanti.

Anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya. Kini, Anda dapat memilih berbagai varian rasa pizza sehingga tidak akan bosan memakannya.

Pizza bisa menjadi salah satu menu makanan yang ideal, karena hampir semua orang pasti menyukai makanan khas Italia ini.

  1. Martabak Manis dan Asin

Momen Tahun Baru Anda akan lebih lengkap jika menggunakan martabak asin dan manis sebagai menu makanannya.

Ya, makanan yang cukup populer di Indonesia ini sangat mudah ditemukan. Bahkan, tidak sulit jika Anda ingin membuatnya sendiri.

Karena martabak umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu manis dan asin. Maka, usahakan untuk menyediakan kedua jenisnya agar orang lain lebih leluasa memilih sesuai selera mereka.

  1. Jagung Bakar

Jagung bakar sepertinya menjadi salah satu makanan Tahun Baru yang tidak boleh terlewatkan. Bahkan, makanan yang satu ini bisa dikatakan sebagai tradisi menu Tahun Baru di Indonesia.

Agar lebih menyenangkan, Anda dapat membeli jagung mentah kemudian membakarnya sendiri di rumah bersama teman dan keluarga.

Selain bisa menyantap makanan jagung bakar dengan puas, momen ini bisa memberikan kenangan yang indah di akhir tahun.

  1. Sosis Bakar

Selain jagung bakar, sosis bakar juga menjadi salah satu menu makanan Tahun Baru yang populer dan jarang dilewatkan.

Makanan yang satu ini biasanya juga menjadi salah satu pilihan menu dalam pesta barbeque, selain daging. Tusukkan bahan sosis pada tusukan sate, beri bumbu secukupnya lalu bakar dalam panggangan. Dijamin nikmat!

  1. Keripik

Keripik bisa menjadi pilihan makanan tahun baru yang tidak membosankan sekaligus menjadi camilan pendamping.

Rasa renyah dan gurih dari keripik akan membuat orang seakan tak bisa berhenti mengunyahnya. Itulah kenapa keripik merupakan ide makanan tahun baru yang wajib ada sebagai pendamping menu lainnya.

  1. Salad

Untuk mengimbangi berbagai makanan manis dan gurih, Anda dapat menyediakan salad sebagai menu yang menyegarkan. Anda bisa memilih antara salad buah atau salad sayur.

Tetapi, mungkin akan lebih cocok jika Anda menggunakan buah untuk acara Tahun Baru. Salad akan menjadi menu makanan tahun baru yang sangat cocok sebagai penutup atau pencuci mulut.

  1. Popcorn

Popcorn merupakan rekomendasi makanan Tahun Baru yang cocok apabila Anda dan keluarga memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan menonton film.

Popcorn memiliki perpaduan rasa manis, gurih, dan ringan di mulut sehingga membuat orang mengidamkan camilan berikut.

Ide makanan yang satu ini juga bisa menjadi pilihan camilan rendah lemak yang mengenyangkan bila Anda mengolahnya sendiri dengan benar.

  1. Gorengan

Pernah mendengar kalimat yang menyatakan bahwa Anda bukan orang Indonesia jika belum makan gorengan? Ya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah. Karena nyatanya, gorengan biasa menjadi menu makanan yang tak pernah terlewatkan dalam setiap acara.

Anda dapat menyiapkan beragam aneka gorengan seperti tahu isi, pisang goreng, bakwan, dan sebagainya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati, karena pasalnya kalori gorengan tidak sedikit.

Sebagai penetralisirnya, jangan lupa untuk minum air putih setelah makan banyak gorengan.

Demikian delapan makanan yang bisa menjadi menu Tahun Baru dan biasanya memang selalu ada saat perayaan tersebut. Semoga bermanfaat. (Adelina).

Leave a comment