Channel Favorit Tiba-tiba Hilang: Begini 3 Cara Atasi Saluran Smart TV yang Hilang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Terdapat 3 cara atasi saluran Smart TV hilang yang bisa dilakukan oleh pengguna dengan mudah. Sehingga, tayangan televisi bisa ditonton kembali tanpa masalah.

Sebagai tips penanggulangan utama, 3 cara atasi saluran Smart TV hilang ini disebabkan oleh beberapa faktor. Dengan mengetahui sumber utamanya, pengguna dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat.

Selain itu, 3 cara atasi saluran Smart TV hilang ini juga dikhususkan kepada perangkat yang hanya mengalami masalah ringan saja. Dengan kata lain, bila komponen rusak pengguna tidak dapat menerapkan tips tersebut.

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, Negara Indonesia kini sudah berubah 100 persen dari sistem TV analog ke TV Digital.

Di lapangan sendiri, terdapat dua cara untuk menikmati tayangan TV Digital. Salah satunya dengan cara membeli Set-up Box, atau dapat menontonnya langsung dengan Smart TV.

Smart TV sendiri merupakan perangkat elektronik yang mendukung DVB-T2 (Digital Video Broadcasting Terrestrial Generation). Sehingga, tayangan program dengan TV Digital bisa disaksikan tanpa perlu lagi membeli Set-up Box.

Akan tetapi, meski tayangan peralihannya sudah lebih modern dan canggih. Bukan berarti Smart TV tidak akan pernah mengalami masalah apapun.

Melihat kasus yang kerap dialami pengguna. Mereka akan merasa kebingungan tatkala layar televisi memunculkan tulisan 'No Signal', alias perangkat tidak menangkap sinyal atau saluran favorit tiba-tiba raib di saat tertentu.

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan saluran Smart TV menghilang beberapa saat. Diantaranya adalah disebabkan oleh peletakan antena tidak berada di posisi yang tepat dan benar.

Selain itu, bisa jadi tempat tinggal pemilik Smart TV berada di tempat yang terpencil. Sehingga, televisi tidak dapat menangkap jangkauan sinyal dengan baik lantaran terlalu jauh dari sumber pemancar.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, berikut penjelasan tentang 3 cara atasi saluran Smart TV hilang:

  1. Perhatikan Posisi Antena.

Penyebab hilangnya sinyal pada Smart TV kerap dilatarbelakangi oleh posisi antena yang kurang tepat. Bila demikian, hendaklah pengguna mencoba untuk mencari tempat yang dapat menjangkau sinyal lebih kuat.

Beberapa cara bisa dilakukan, mulai dari merubah arah antena. Atau, cobalah untuk menempatkan penangkap sinyal ini di area yang lebih tinggi.

Selain itu, hindari memposisikan antena di dekat pepohonan yang rindang dan bangunan tinggi. Sebab, kedua tempat ini akan menghalangi penangkap sinyal bekerja dengan baik.

  1. Pastikan Kabel Terpasang dengan Benar.

Masalah lain yang sering terjadi juga bisa disebabkan oleh kabel penghubung yang longgar. Bila tidak segera dibenarkan, televisi akan terus memunculkan informasi 'No Signal' pada layar.

Cobalah periksa sambungan kabel tersebut. Selain itu, pastikan kabel penghubung antara televisi dengan sumber terpasang rapat.

  1. Atur Ulang Saluran.

Bila kedua cara diatas sudah dilakukan, serta televisi sempat menyala sebentar dan kemudian tidak bisa menangkap sinyal. Bisa jadi penyebab saluran channel pada Smart TV mengalami masalah.

Hal ini juga lumrah, sebab kumpulan channel yang sempat disimpan bisa secara teracak lantara kondisi tertentu. Namun, pengguna tidak perlu panik saat menghadapinya.

Untuk memperbaikinya dengan benar, cobalah ke menu pengaturan Smart TV. Kemudian, pilihlah opsi 'Pemindaian Saluran Ulang' agar dapat menangkap kembali sinyal channel yang sempat hilang.

Selain cara tersebut, masalah lain dari sinyal hilang juga dilatari oleh tempat tinggal yang terlalu jauh dari sumber pemancar.

Agar dapat mengetahui seluruh channel dan sinyal yang tersedia, pengguna hanya perlu mendownload aplikasi Sinyal TV Digital di Apps Store dan Play Store.

Demikianlah pembahasan tentang 3 cara atasi saluran Smart TV hilang. Selamat mencoba! (Dzikrullah)

Leave a comment