Mengenal Istilah Fastboot dan 3 Cara Atasi Fastboot di Smartphone

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Barangkali istilah fastboot sudah kerap didengar di tongkrongan. Bila kamu mengalaminya jangan panik, sebab terdapat 3 cara atasi fastboot di smartphone yang bisa kamu ikuti.

Dengan mengikuti petunjuk 3 cara atasi fastboot yang terjadi pada smartphone ini, diharapkan kamu tidak pergi mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk menemui tukang service. Sebab, trik tersebut merupakan langkah pertama yang harus dilakukan.

Kemudian, 3 cara atasi fastboot pada smartphone ini juga tergolong mudah sesuai beragam trik yang akan dibagikan. Jadi, kamu dapat melakukannya di rumah dengan catatan mengikuti panduannya dengan benar.

Sebelum membahas terkait kumpulan trik yang akan dibagikan mengenai penanganan fastboot. Alangkah lebih baiknya jika mengetahui arti dan kegunaannya terlebih dahulu.

Istilah Fastboot dan Kegunaannya.

Fastboot sendiri merupakan bahasa teknologi yang sudah menjadi istilah tersendiri. Merujuk ke halaman Android Center, pengertian dari fastboot sendiri merupakan sebuah mode yang digunakan untuk menghubungkan smartphone ke PC.

Fastboot sendiri biasanya dipahami dengan booting cepat. Berdasarkan pengertian di atas, sebenarnya fitur ini malah memiliki kelebihan tersendiri bagi pengguna ponsel. Diantara lain adalah:

  • Jalan alternatif untuk membuka sebuah kunci bootloader.
  • Menghapus penumpukan data.
  • Mengatur recovery smartphone yang tengah mengalami masalah pada sistem.
  • Serta bisa mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Adapun faktor yang menyebabkan fastboot terjadi, lumrahnya pengguna menekan tombol power, volume, atau home dengan cukup lama.

Meski memiliki kelebihan seperti di atas, nyatanya mode fastboot ini bagi sebagian pengguna cukup membuat mengganggu. Sehingga mereka akan merasa panik dan buru-buru pergi ke service center.

Untuk mengembalikan ponsel dalam keadaan normal, kamu bisa melakukannya secara mandiri dengan 3 cara atasi fastboot pada smartphone di uraian berikut ini:

Tombol Power.

Mengatasi mode fastboot ini sebenarnya cukup mudah dengan mengandalkan menekan tombol power. Perhatikan panduan di bawah ini:

  1. Kunci layar terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol power dan tahan selama 8-10 detik.
  3. Smartphone akan mati dengan sendirinya.
  4. Tunggulah beberapa saat, agar sistem dapat kembali normal.
  5. Hidupkan kembali smartphone.

Tombol Power dan Volume Bawah.

Pada sebagian smartphone, keluar dari mode fastboot bisa dilakukan dengan kombinasi menekan tombol power dan volume bawah. Selengkapnya, simak uraian di bawah ini:

  1. Pastikan layar smartphone dalam keadaan mati.
  2. Tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan serta tahan dalam beberapa detik.
  3. Tunggulah ponsel akan beralih ke restart.
  4. Pada sebagian produk ponsel lain, cara ini dilakukan dengan kombinasi tiga tombol. Yakni tombol power + volume atas + volume bawah secara bersamaan.
  5. Ponsel akan kembali normal seperti sedia kala.

Copot Baterai.

Sedangkan bagi pengguna smartphone yang memiliki baterai buka-copot, caranya berbeda. Hal ini bisa dilakukan dengan trik di bawah ini;

  1. Matikan terlebih dahulu smartphone.
  2. Setelah benar-benar mati, copot casing belakang.
  3. Cabutlah baterai.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Pasang kembali baterai pada bodi ponsel. Terakhir, hidupkan smartphone.

Cukup mudah bukan? Itulah pengertian dari fastboot dan 3 cara mengatasi fastboot pada smartphone. Selamat mencoba! (Dzikrullah) *

Tags :

Leave a comment