Ini Lima Manfaat Jagung Bakar bagi Ibu Hamil: Dari Mulai Pelancar Pencernaan hingga Kesehatan Jantung

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Siapa bilang ibu hamil dilarang makan jagung bakar ketika menikmati malam Tahun Baru? Nyatanya, menu ini memiliki banyak manfaat, terutama pada perkembangan janin.

Jadi bagi ibu hamil, tidak benar juga kalau menahan selera terhadap jagung bakar yang telah jadi tradisi di momen itu. Sekian manfaat bisa diraih dan kegembiraan pun tidak terlepas.

Manfaat jagung bakar bagi ibu hamil pun tidak satu dua saja, sedikitnya ada lima khasiat yang bisa diraih karena memakan menu berbahan dasar jagung itu.

Melansir haibunda.com, Rabu (20/12/2023), jagung itu sendiri menawarkan nutrisi penting, termasuk folat, serat, dan vitamin, yang berkontribusi terhadap kesehatan ibu serta janin.

Namun penting untuk memastikan langkah-langkah keamanan yang tepat, terutama ketika dimasak dengan dibakar. Kekhawatirannya adalah makanan yang dibakar mungkin mengandung karsinogen penyebab kanker.

Oleh karena itu harus dibatasi oleh semua orang, tidak hanya calon ibu. Jadi, selama makanan tidak gosong hingga terlalu garing saat dibakar, pada dasarnya aman.

Yang jelas, bumbu apa yang digunakan tetap penting diperhatikan. Nah, berikut manfaat jagung bakar untuk ibu hamil, di antaranya:

  1. Sumber nutrisi yang baik

Jagung bakar mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil, seperti:

Karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi bagi ibu hamil dan janin

  • Protein yang berperan dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh
  • Serat yang dapat melancarkan pencernaan
  • Vitamin A yang penting untuk kesehatan mata dan kulit
  • Vitamin B kompleks yang berperan dalam metabolisme tubuh
  • Vitamin C yang berperan dalam daya tahan tubuh
  • Mineral, seperti zat besi, magnesium, dan fosfor, yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin
  1. Melancarkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam jagung bakar dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil. Ini tentu membantu calon ibu tidak mengejan ketika hamil ketika pencernaan menjadi lebih lancar.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam jagung bakar dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Mengutip dari Parenting First Cry, jagung kaya akan vitamin A. Oleh karena itu menjaga kulit ibu hami tetap sehat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan daya ingat selama kehamilan.

  1. Mendukung kesehatan jantung

Kandungan serat jagung membantu mengatur kadar kolesterol, berkontribusi terhadap kesehatan jantung selama kehamilan. Ini membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

  1. Bagus untuk janin

Jagung kaya akan antioksidan seperti lutein yang berperan dalam meningkatkan penglihatan bayi yang belum lahir. Selain itu, jagung juga mengandung asam folat yang mengurangi risiko kelainan pada bayi dalam kandungan seperti spina bifida.

Demikian soal manfaat jagung bakar bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment