Jagung Bakar, Menu Sehat untuk Malam Tahun Baru, Ini Khasiatnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Malam Tahun Baru tinggal menunggu hari dan biasanya jagung bakar menjadi pilihan banyak orang untuk momen itu. Pertanyaannya apakah itu termasuk menu sehat?

Jagung memang baik bagi kesehatan, tapi bagaimana jika dibakar? Tenang, jagung bakar ternyata menu sehat yang banyak direkomendasikan untuk malam Tahun Baru.

Bahkan, ibu hamil yang ingin makan jagung bakar pada malam Tahun Baru juga tidak masalah. Menu sehat ini dipercaya tidak akan mengganggu perkembangan janin.

Melansir halosehat.com, Rabu (20/12/2023), bahan dasar dari jagung bakar adalah jagung. Dan, jagung adalah bahan makanan yang kaya manfaat. Jadi, mau dibakar atau direbus, tetap saja jagung.

Jagung bakar biasanya dikonsumsi orang-orang ketika sedang merayakan pesta seperti Tahun Baru atau ketika sedang berkemah di pegunungan yang sangat cocok untuk menghangatkan tubuh.

Meski begitu, tetap saja jangan berlebihan dalam mengonsumsi jagung bakar karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Terlepas dari itu, semua jagung memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, di antaranya:

  1. Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada jagung sangat berguna untuk menyehatkan mata. Selain itu vitamin ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses pertumbuhan janin (bagi ibu hamil).

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bioflavonoid dan Karotenoid yang ada pada jagung sangat berfungsi baik untuk mengendalikan kadar kolesterol tinggi dan juga menurunkan kolestrol yang terserap dalam tubuh, yang tentunya hal ini sangat bagus untuk jantung.

  1. Dapat Mencegah Diabetes

Di dalam jagung juga terdapat kandungan senyawa yang bisa mengontrol kestabilan insulin pada tubuh manusia, yaitu fitokomia fenolik. Bagi yang ingin mencegah diabetes, maka dengan mengkonsumsi jagung setiap hari itu sangat dianjurkan.

  1. Mencegah Anemia

Bagi Anda yang sering mengalami anemia atau kurang darah, maka mengonsumsi jagung bisa mencegah itu. Hal ini dikarenakan jagung mengandung zat besi yang berfungsi untuk membantu proses terbentuknya sel darah dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Tulang

Fosfor yang ada pada jagung sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk tulang, senyawa ini dapat membantu mencegah pengeroposan dan pengapuran pada tulang yang biasanya sering dialami oleh orang yang sudah tua.

  1. Melancarkan BAB

Anda yang sering susah buang air besar atau BAB, sangat cocok untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Serat yang terkandung dalam jagung berguna untuk melancarkan pencernaan serta mencegah penyakit wasir dan kanker usus besar.

  1. Lebih Baik dari Nasi Putih

Karbohidrat Kompleks yang terkandung di dalam jagung berfungsi untuk mengontrol pemecahan glukosa ke dalam darah, serta menjaga kestabilan energi pada tubuh dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sangat berbeda dengan karbohidrat pada nasi putih yang sangat cepat meningkatkan kadar gula pada tubuh, yang beresiko meningkatkan penyakit diabetes.

Demikian manfaat jagung bagi kesehatan, jadi tidak usah ragu mengonsumi jagung bakar ketika malam Tahun Baru. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment