Tak Usah Panik! Ikuti 3 Cara Buka Smartphone yang Kata Sandinya Lupa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Ternyata terdapat 3 cara buka kata sandi smartphone yang sudah terlupakan. Tips ini lumayan ampuh, agar ponsel yang terkunci bisa digunakan kembali oleh penggunanya.

Adapun 3 cara buka kata sandi smartphone ini sebenarnya jurus terakhir, ketika pengguna sudah mencoba untuk mengingat password-nya. Pengguna ponsel semestinya harus hafal sandi yang telah diinput.

Kategori 3 cara kata sandi smartphone ini juga harus dilakukan sesuai jenis ponsel yang dipakai. Misal, bagi pengguna Android ada bagiannya sendir, serta smartphone iOS juga mempunyai caranya tersendiri.

Penggunaan kata sandi bertujuan agar ponsel per individu aman dari orang yang tidak bertanggung jawab. Ketika password telah diatur, perangkat tersebut hanya bisa diakses oleh pemiliknya saja.

Pemakaian fitur keamanan berupa password pada perangkat komunikasi, juga bisa terselamatkan dari pencurian data. Bahkan, password unik ini bisa menjadi tanda pengenal tersendiri ketika ponsel terjatuh dan ditemukan oleh orang lain.

Lebih pastinya lagi, kata sandi dengan ragam pola juga dapat menggagalkan aksi pencurian. Maling yang berhasil menggondol ponsel, tapi di dalamnya dilindungi password akan, merasa kesulitan untuk mengoperasikannya.

Sayangnya, dari segala benefit yang didapat. Masih ada saja kejadian pengguna yang lupa password ponsel. Bila hal ini pernah dialami oleh Anda, pastinya insiden tersebut cukup membuat bingung.

Untuk menanggulangi hal tersebut, berikut 3 cara buka kata sandi smartphone yang passwordnya terlupakan:

  • Find My Device.

Find My Device sebenarnya sebuah tool yang dikhususkan untuk menemukan ponsel yang hilang. Akan tetapi, beberapa fitur di dalamnya ternyata mampu membuka ponsel yang lupa passwordnya.

Tools pertama yang bisa dicoba ini harus menggunakan perangkat lain, atau biasa dikenal dengan istilah Android Device Manager.

Namun, untuk melancarkan proses pembukaan kata sandi tersebut. Pengguna harus ingat alamat Email yang ter-log in di dalamnya, beserta passwordnya. Adapun cara lengkapnya, sebagaimana berikut:

  1. Siapkan HP lain, Anda bisa meminjamnya dari teman, saudara, atau mili anggota keluarga lain.
  2. Buka Chrome atau Google.
  3. Ketik keyword https://www.google.com/android/find/.
  4. Masukkan alamat Email dan password yang sudah terhubung dengan ponsel milikmu.
  5. Selanjutnya pilih opsi 'Lock' atau 'Kunci'.
  6. Masukkan kata sandi baru.
  7. Cobalah buka ponsel yang kata sandinya lupa dengan password baru.
  • Google Smart Lock.

Kelebihan tools ini mampu menghubungkan ponsel dengan beragam gadget lain. Bila pengguna telah mempunya akun Google Smart Lock, maka seluruh gadget yang dimiliki dapat membantu membuka ponsel serta memberikan password terbaru.

Perlu diketahui sebelumnya, tools ini hanya bisa dijalankan pada Android versi 5.0 atau varian terbarunya saja. Pengguna lantas akan diberikan ragam fitur keamanan seperti fingerprint, pengenalan wajah, dan pola pin.

Semua jenis password tersebutlah yang akan membantu membuka kunci dengan mudah.

  • Khusus Iphone.

Bagi pengguna ponsel iOS, terdapat cara sendiri untuk membuka kunci. Trik ini membutuhkan perangkat PC yang telah terinstall Windows 10, serta kabel bawaan Iphone untuk menghubungkan dua perangkat berbeda.

Agar dapat berjalan sesuai harapan, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Sambungkan ponsel dengan Macbook atau PC lainnya. Komputer atau laptop harus memiliki aplikasi iTunes dan telah terinstall.
  2. Matikan daya Iphone.
  3. Aktifkan mode pemulihan. Terdapat cara berbeda pada setiap jenis Iphone, misal bagi versi X dan terbaru terletak pada tombol di sisi samping.
  4. Tekan dan jangan dilepaskan sampai kedua perangkat saling terhubung.
  5. Pengguna akan di arahkan ke layar mode pemulihan.
  6. Bila layar masih menampilkan display kata sandi, matikan ponsel dan ulangi kembali cara di atas.
  7. Temukan perangkat Iphone di Finder atau iTunes yang sudah terinstall di PC.
  8. Pilih opsi 'Pulihkan' atau 'Perbarui'.
  9. Laptop yang terhubung akan mengunduh perangkat lunak untuk Iphone, Tunggulah proses ini sampai selesai.
  10. Secara otomatis, Iphone akan melakukan restart dan menampilkan pengaturan.
  11. Putuslah hubungan Iphone dengan PC. Kemudian, input kembali kata sandi sebelum perangkat digunakan.

Itulah 3 cara buka kata sandi yang sudah tidak diingat. Semoga tips di atas dapat membantu dan mengurangi rasa khawatirmu! (Dzikrullah) *

Leave a comment