Dijamin Budget Kantor Semakin Hemat: Gunakan Fitur Sharing Printer di Windows 10

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Fitur Sharing Printer yang terhubung ke Windows 10 nyatanya dapat memangkas biaya belanja bulanan atau tahunan kantor. Sebab, kamu dapat mencetak beragam data meski menggunakan printer terbatas.

Penggunaan fitur Sharing Printer pada perangkat PC nyatanya sudah lumrah dilakoni, khususnya bagi WIndows 10. Meski demikian, barangkali dari sebagian pengguna teknologi masih belum mengetahui terkait cara mengoperasikannya.

Sebenarnya melakukan fitur Sharing Printer pada PC yang menjalankan sistem Windows 10 tergolong gampang. Bila kamu mengetahuinya dengan benar, biaya pengeluaran perusahaan milikmu akan semakin hemat di setiap bulan atau per tahunan.

Sebagai informasi, Sharing Printer ini bekerja dengan sistem LAN atau jaringan WiFi satu arah. Sehingga, fitur tersebut dapat dioperasikan meski tanpa penggunaan kabel yang menghubungkan antara kedua perangkat.

Oleh sebab itu, tidak hanya biaya bulanan saja yang akan hemat. Bahkan, tata ruang ruangan kantor pun akan terlihat lebih minimalis karena tidak adanya kabel yang berseliweran di bawah meja.

Bila ditelisik lebih mendalam, jaringan nirkabel pada Sharing Printer ini juga dapat membebaskanmu dari rasa kekhawatiran mengenai terputusnya kabel. Sehingga, kamu tidak perlu lagi menyetok jenis hardware tersebut.

Begitupula dengan kelebihan menghemat waktu. Kantor yang menerapkan Sharing Printer tidak akan membuat karyawan berbaris menunggu antrian, hanya demi bisa mencetak sebuah data yang diinginkan.

Melainkan, mereka hanya perlu menyambungkan perangkat Windows 10 dari jarak jauh kepada printer yang fitur berbagi ini telah diaktifkan. Selanjutnya, kamu hanya perlu mesin cetak ini bekerja dengan maksimal.

Adapun tutorial menggunakan fitur Sharing Printer di Windows 10 ini bisa diikuti sebagaimana ulasan di bawah ini. Perhatikan setiap langkahnya dengan seksama:

Pengaturan Awal Sharing Printer di Windows 10.

Sebelum bisa melakukan kegiatan mencetak, kamu dituntut untuk melakukan pengaturan awal pada Sharing Printer. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah seperti tutorial berikut ini:

  1. Pastikan printer telah terhubung ke PC dengan sistem Windows 10 secara WiFi.
  2. Masuk ke pengaturan dengan mengklik ikon roda bergigi di 'Start Menu'.
  3. Selanjutnya akses ke layanan 'Device'.
  4. Lalu klik opsi 'Printers and Scanners'.
  5. Pilih salah satu printer yang hendak disambungkan ke Windows 10.
  6. Buka 'Printer Properties'.
  7. Buka tab Sharing. Kemudian silahkan klik 'Share This Printer'.
  8. Kamu juga bisa mengkustom nama printer pada tahapan tersebut.
  9. Klik 'Apply' bila sebuah nama telah disematkan.
  10. Terakhir tinggal klik 'Ok'.

Cara Menghubungkan Komputer Lain dengan Sharing Printer.

Usai melakukan pengaturan awal seperti cara di atas, kamu pun dapat membagikan fitur Sharing Printer dengan perangkat lain. Simaklah panduannya sebagaimana berikut:

  1. Klik menu 'Start' pada PC yang menjalankan sistem Windows 10.
  2. Masuk ke pengaturan dengan mentap 'Setting'.
    3, Kemudian pilih 'Devices'.
  3. Selanjutnya, kamu hanya perlu masuk ke menu 'Printer and Scanners'.
  4. Klik opsi 'Add a Printer or Scanner' pada kolom 'Add Printers and Scanners'
  5. Terakhir klik 'Add Device'.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan fitur Sharing Printer di Windows 10 agar dapat menghemat budget kantor. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment