Hadiri Hari Jadi Kabupaten Sekadau, Harisson: Terus Berkolaborasi dan Bersinergi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SEKADAU, insidepontianak.com - Sejalan dengan tema peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sekadau, yaitu “Bersatu, Bergerak, Bermartabat”.

Hal itu menggambarkan bahwa pemerintah daerah menyatakan komitmennya untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Sekadau

Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menegaskan hal itu saat memimpin Upacara sekaligus mengikuti ramah tamah pada Peringatan Hari jadi Kabupaten Sekadau ke 20 di Kantor Bupati Sekadau, Senin (18/12/2023).

Dalam upacara tersebut Pj Gubernur Harisson didampingi sang istri yang juga merupakan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson.

Pj Gubernur mengungkapkan, bahwa melalui berbagai program guna menjadikan daerah ini lebih maju, sejahtera, dan bermartabat.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau.

"Saat ini dalam suasana penuh suka cita dan kegembiraan menyambut hari jadi Kabupaten Bumi Lawang Kuari ini yang ke-20," ucap Pj Gubernur.

Disampaikannya, peringatan hari jadi ini tentu memantik kenangan dan kilas balik tentang perjuangan para inisiator perintis pemekaran yang tanpa kenal lelah untuk membawa setitik asa dari seluruh masyarakat untuk mengawal terbentuknya daerah otonomi baru kebanggaan mereka.

Dimana lahirnya sebuah daerah otonomi baru menjadi sebuah kebutuhan dari upaya percepatan pembangunan dan pemerataan kesejahteraan.

Perjuangan membangun Sekadau belum usai. Oleh karena itu, mari bersama mengisi, mewarnai, dan membuktikan kepada seluruh masyarakat bahwa Kabupaten Sekadau mampu menjawab berbagai kendala dan tantangan.

"Untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau yang tercinta," ajaknya.

Disampaikannya, hari jadi ke-20 Kabupaten Sekadau, beberapa capaian kemajuan dan hasil pelaksanaan pembangunan harus terus dievaluasi.

Beberapa indikator makro Kabupaten Sekadau pada tahun 2023 seperti IPM mengalami kenaikan 1,25 persen dari tahun sebelumnya. IPM Kabupaten Sekadau Tahun 2023 adalah 66,83 persen yang berada di level sedang.

Angka kemiskinan sempat mengalami penurunan 790 jiwa di tahun 2022 menjadi 11.910, namun kembali bertambah 180 jiwa menjadi 12.090 jiwa di tahun 2023.

Ini mengakibatkan angka pengangguran terbuka (TPT) juga mengalami kenaikan 0,96 persen dari sebelumnya 1,33 persen menjadi 2,29 persen di tahun 2023.

Pencapaian tersebut boleh dibanggakan dan syukuri, akan tetapi jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kinerja, sinergitas, dan kontribusi yang tinggi dalam membangun Kabupaten Sekadau.

"Seluruh pencapaian keberhasilan tidak lepas dari seluruh stakeholder dan elemen yang ada, baik pemerintah, masyarakat dan juga pihak swasta," ungkapnya.

Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah perlu mengingatkan atensi Presiden RI dalam rangka menajamkan sinergi dan keberlanjutan pembangunan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, menghimbau untuk mengendalikan inflasi, dimana seluruh pemerintah daerah diminta terus dapat menjaga ketersediaan pasokan kebutuhan pokok dan terus melakukan pemantauan harga dengan selalu turun ke lapangan.

Lakukan intervensi apabila ada potensi harga bahan pokok naik dengan cara menggunakan anggaran tak terduga serta intensifkan kerja sama daerah.

Tak hanya itu, juga mengoptimalkan dukungan pada program penurunan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, pemberantasan stunting, dan hilirisasi industri.

“Tak kalah penting, dalam menyongsong tahun politik ini, kita semua agar mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pemilihan umum melalui dukungan anggaran biaya, menjaga netralitas, dan kerukunan serta kestabilan keamanan di masyarakat," ucapnya.

Pria kelahiran Palembamg ini juga berpesan agar mengalokasikan anggaran guna stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan melalui gelaran pasar murah, pemberian bantuan sosial bagi masyarakat terdampak, bantuan beras/pangan, serta tetap mengutamakan produk-produk dalam negeri.

"Saya minta 4 poin atensi tersebut terus dipantau implementasinya dan segera laporkan apa saja capaian perkembangan dan kemajuannya secara periodik dan sewaktu-waktu diperlukan, kepada Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah," tegasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati beserta Ketua TP PKK Kab Sekadau Wakil Bupati beserta Ketua GOW Kab Sekadau, Sekda Kabupaten Sekadau dan Forkopimda Kabupaten Sekadau serta ASN di lingkungan Pemerintah Sekadau. ***

Leave a comment