Apa itu Ikan Cupang Liar dan Jenis Avatar? Ini Penjelasannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ikan cupang bukanlah ikan jadi-jadian, yang terbentuk karena perkawinan silang. Karena itu, dia sejatinya hidup liar di habitatnya, begitupun dengan jenis avatar.

Ikan cupang jenis avatar bisa dikatakan sebutan untuk ikan yang memilki warna, corak, maupun bentuk yang beragram. Sementara ikan cupang liar relatif lebih sederhana.

Yang jelas, baik ikan cupang liar maupun avatar, bisa dikatakan mahal. Ikan ini tidak dikonsumsi dan dijual per kilo, tapi dijual per ekor dan masuk ke ranah hobi.

Melansir gramedia.com, Jumat (15/12/2023), ikan ini sangat disukai karena memiliki berbagai bentuk dan warna yang indah.

Ikan cupang merupakan ikan yang banyak difavoritkan bagi para pecinta ikan hias air tawar, selain bentuknya yang cantik, ikan cupang juga tergolong mudah untuk dirawat.

Sebagai informasi, berikut ini yang masuk dalam kategori ikan cupang liar dan avatar:

[13.09, 15/12/2023] Cc Adel: 1. Ikan Cupang Liar

  • Ikan Cupang Sawah
    Jika Anda ingin memelihara jenis ikan cupang yang tidak biasa atau yang langsung berasal dari alam liar, maka ikan cupang sawah salah satunya. Untuk harganya ditentukan dari keunikan pada warna dan ukuran ikan cupang sawah.

Semakin bagus warna ikan cupang sawah dan ukurannya semakin besar, maka ikan cupang sawah harganya semakin mahal.

  • Ikan Cupang Surga
    Jenis ikan cupang yang satu ini umumnya ditemukan di perairan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Cupang surga biasanya ditemukan di daerah Jawa, Bali, dan Sumatera.

Dikarenakan cupang surga termasuk ke dalam jenis ikan cupang liar, maka harganya cukup mahal. Apalagi kalau warna, ukuran, dan bentuk ekor sangat bagus, ikan cupang surga harganya semakin mahal.

  • Ikan Cupang Snake Head
    Salah satu ikan cupang liar yang berasal dari Indonesia adalah ikan cupang snake head. Dinamakan “snake head” karena bentuk dari kepala ikan cupang ini hampir sama dengan kepala ular.

Ikan cupang snake head termasuk ke dalam jenis albimarginata dan biasanya ditemukan di perairan Kalimantan Timur.

  • Ikan cupang coccina
    Ikan cupang liar satu ini memiliki warna mata yang cukup unik karena matanya berwarna biru. Terlebih lagi, warna merah tua, mulai dari sirip hingga kepala.

Selain itu, ukuran ikan cupang coccina bisa mencapai 7 cm dan biasanya ikan cupang jenis ini lebih dikenal dengan sebutan Cupang Belgi Bangkok.

  • Ikan cupang Sarawak
    Nah, kalau berbicara tentan ikan cupang yang mudah beradaptasi dengan alam, Anda bisa memilih ikan cupang Sarawak. Ciri khasnya berupa ada garis yang berbeda pada bagian sisik kanan dan sisik kiri.
  1. Ikan Cupang Avatar
  • Ikan Cupang Avatar Vampire
    Jika Anda suka dengan ikan cupang dengan warna hitam yang cukup pekat, maka ikan cupang avatar vampire sangat cocok untuk dijadikan peliharaan.

Apalagi, warna ikan cupang avatar ini biasanya dipadukan dengan warna merah, sehingga terlihat lebih bagus. Ikan cupang avatar vampire ini harganya mulai dari 85 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah.

  • Ikan Cupang Avatar Gordon
    Ikan cupang avatar gordon merupakan salah satu jenis ikan cupang yang berasal dari breeder cupang Indonesia. Warna hitam pada ikan cupang ini cukup dominan yang dipadukan juga dengan warna biru.

Adapun ikan cupang jenis avatar ini dinamakan “gordon” karena diambil dari nama “Kapten Gordon”. Hargnya bisa dibilang cukup mahal tergantung dari kualitasnya, mulai dari Rp50.000 – Rp7.500.000.

  • Ikan Cupang Avatar Copper
    Ikan cupang avatar copper merupakan jenis ikan cupang yang bisa dibilang memiliki warna yang cukup menarik karena sisik mutiaranya. Bahkan sisik mutiara itu terkadang terlihat seperti sedang menyala.

Harga dari ikan cupan avatar copper mulai dari 100 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah.

  • Ikan Cupang Avatar Black Blue
    Ingin memelihara ikan cupang yang berasal dari luar negeri? Anda bisa memelihara ikan cupang yang berasal dari Thailand, yaitu ikan cupang avatar black blue.

Seperti namanya, ikan cupang avatar yang satu ini memiliki warna biru yang bisa membuat mata tertari untuk selalu melihatnya. Harga dari ikan cupang avatar blue berkisar Rp150.000 – Rp1.800.000.

Demikian soal jenis ikan cupang liar dan ikan cupang avatar. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment