Musim Kampanye, Pj Gubernur Kalbar Imbau Masyarakat Bijak Sampaikan Informasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengimbau masyarakat bijak menyampaikan informasi, di masa-masa kampanye Pemilu 2024, yang kini tengah berjalan.

Sebab, dinamika situasi politik saat ini, rawan memicu polarisasi akibat disinformasi yang begitu deras di media sosial.

Karena itu, masyarakat harus bisa menahan diri, untuk tidak terjebak dengan polarisasi informasi tersebut. Paling penting, jangan mudah menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Namun hendaknya, informasi yang disampaikan juga harus berimbang," pesan Harisson, Jumat (15/12/2023).

Menurut Harrison, situasi politik tak jarang dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menyudukan orang atau lembaga pemerintah. Narasi menjadi alat untuk fitnah dan provokasi.

"Oknum-oknum ini biasanya, jika sudah mendapat informasi, mereka menulis hal yang sebenarnya tidak betul. Misalnya diduga korupsi pada pembangunan gedung sekolah SMK, padahal belum diperiksa," katanya mencontohkan.

Karena itu, masyarakat harus benar-benar meningkatkan pengetahuan literasi media dan informasi, agar tak mudah termakan isu-isu fitnah yang dapat merusak tantanan kehidupan sosial.

Harisson pun menegaskan, pemerintah khususnya Pemprov Kalbar sangat terbuka dengan kritik dan saran.

Tapi, kritik harus disampaikan dengan data, fakta dan konstruktif. Supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman di tengah masyarakat.***

Leave a comment