Pahami! Ini Cara Perawatan dan Latihan untuk Anjing Pudel

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bagi pecinta hewan peliharaan, perawatan dan latihan agar binatang kesayangannya menjadi terjaga tentu mnjadi yang utama. Begitu juga dengan anjing pudel.

Perawatan bagi anjing pudel bisa saja merepotkan bagi yang tidak terbiasa. Pun soal latihan, bisa saja anjing pudel membuat Anda geleng-geleng kepala.

Padahal, perawatan dan latihan anjing pudel sejatinya relatif tidak berat. Pasalnya, sejatinya anjing pudel adalah hewan yang pintar.

Melansir thesprucepets.com, Kamis (14/12/2023), secara umum anjing pudel membutuhkan banyak olahraga setiap hari dan stimulasi mental untuk membuatnya bahagia dan sehat.

Anjing ini juga membutuhkan pelatihan yang konsisten dan biasanya mahir dalam mempelajari keterampilan baru. Ditambah lagi, bulu keriting mereka membutuhkan perhatian yang cukup.

Semua ukuran anjing pudel memiliki tingkat energi yang tinggi, serta kebutuhan stimulasi mental yang tinggi. Mereka membutuhkan setidaknya satu jam olahraga per hari.

Jalan cepat, jogging, hiking, dan berenang adalah pilihan bagus untuk berolahraga. Sebagai retriever, mereka menyukai permainan lempar tangkap atau kesempatan berburu bebek.

Pudel unggul dalam olahraga anjing, seperti kelincahan, dan bahkan dapat menjadi anjing penolong atau terapi yang hebat. Memberi mereka pekerjaan akan membantu menjaga pikiran dan tubuh mereka bahagia dan sehat.

Sebagai informasi, anjing pudel merupakan ras hipoalergenik dengan tingkat kerontokan yang minimal, sehingga anjing ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki alergi.

Lapisan bulu pudel yang kasar, keriting, dan jarang rontok, serta tumbuh terus menerus. Karena itu dibutuhkan potongan rambut yang teratur agar tetap terlihat terbaik.

Kebanyakan pemilik menjaga bulunya tetap pendek untuk memudahkan perawatan. Anda bisa mempelajari cara memangkasnya di rumah atau membawa pudel Anda ke salon kira-kira setiap empat hingga enam minggu.

Menyikat secara teratur sangat penting, karena rambut tetap berada di dalam bulu, bukan rontok. Yang terbaik adalah menyikat setidaknya dua hingga tiga kali seminggu, dan beberapa pemilik melakukannya setiap hari.

Mandi dan potong kuku pun perlu dilakukan setiap empat hingga enam minggu. Selain itu, periksa telinga anjing Anda setidaknya setiap minggu untuk mengetahui apakah telinga anjing perlu dibersihkan atau ada kelainan. Terakhir, usahakan untuk menyikat gigi anjing Anda setiap hari.

Beberapa anjing pudel, terutama yang berwarna terang, akan mengalami noda air mata. Dokter hewan dapat memeriksa anjing Anda untuk memastikan tidak ada penyumbatan pada saluran nasolakrimalis.

Jika anjing sehat, Anda dapat menjaga kebersihan wajahnya dengan menyekanya menggunakan kain lembab setiap hari dan menggunakan sedikit hidrogen peroksida untuk menghilangkan noda.

Yang jelas, seperti semua anjing, pudel memerlukan pelatihan dan sosialisasi yang tepat agar bahagia dan dapat menyesuaikan diri dengan baik.

Nah, karena pudel sangat cerdas dan bersemangat untuk menyenangkan, mereka dapat dengan mudah dilatih untuk melakukan berbagai perintah dan trik serta dapat melakukannya dengan baik dalam pelatihan penyelaman dan ketangkasan.

Selain itu, mulailah sosialisasi sedini mungkin dengan memperkenalkan anjing Anda kepada orang yang berbeda, anjing lain, dan lingkungan yang berbeda.

Kebanyakan pudel menyukai manusia dan bahkan bisa menjadi baik di rumah yang memiliki banyak hewan peliharaan jika dibesarkan bersama hewan peliharaan lainnya. Selain itu, pudel umumnya baik di dekat anak-anak.

Demikian tentang cara perawatan dan pelatihan anjing pudel yang sesuai dengan karakternya. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment