Tak Perlu Bingung! Begini Panduan 2 Cara Pasang Aplikasi di Smart TV Android yang Paling Gampang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Melalui 2 cara pasang aplikasi di Smart TV Android ini, kamu dapat menginstal berbagai platform yang dapat mendukung kualitas hiburan saat mengisi waktu santai.

Meski terlihat mudah, nyatanya sebagian pengguna masih belum familiar dengan 2 cara pasang aplikasi di Smart TV Android. Sebab, caranya sangat berbeda bila dilakukan pada perangkat berjenis smartphone Android.

Meski terlihat berbeda, tutorial 2 cara pasang aplikasi di Smart TV Android ini mudah dilakukan meskipun kamu termasuk pengguna awal. Oleh sebab itu, rasanya perlu untuk memaparkan panduannya secara lengkap.

Sebuah teknologi Smart TV Android akan terlihat biasa saja bila tidak menyimpan aplikasi tambahan. Sehingga, fiturnya akan terlihat selayaknya televisi digital seperti biasanya dan akan membuang uang yang telah dikeluarkan.

Dengan begitu, penggunaan Smart TV ini selayaknya memang benar-benar didukung oleh aplikasi tambahan. Dengan begitu, referensi tontonan setiap hari penggunanya akan terasa lebih maksimal.

Lumrahnya, pada Smart TV ini kamu dapat menonton berbagai jenis film yang tersedia di Netflix, Disney+ Hotstar, atau YouTube. Bahkan, kamu dapat menambahkan jenis platform lain untuk melihat movie yang tidak tersedia pada ketiga aplikasi tersebut.

Sebagai catatan penting, untuk menambahkan memasang aplikasi ini kamu harus menyambungkan Smart TV terlebih dahulu ke jaringan WiFi. Setelah itu, pastikan juga untuk log in pada perangkat televisi.

Melalui dua cara pertama ini, kamu pun bisa menginstal aplikasi untuk menambah keseruan saat menonton film.

Untuk mengetahui 2 cara pasang aplikasi di Smart TV Android ini dengan benar, silahkan panduan yang akan dibagikan di bawah ini:

Pasang Aplikasi Secara Langsung.

Penginstalan aplikasi pada Smart TV ini nyatanya bisa dilakukan secara langsung. Pengguna hanya perlu mengakses ke Google Play Store, kemudian memilih-milih platform yang ingin dipasang. Simak tutorial di bawah ini:

  1. Hidupkan Smart TV Android.
  2. Masuk ke menu 'Apps'.
  3. Pada halaman pertama, kamu dapat mengklik ikon 'Apps' untuk melihat jenis aplikasi yang dapat didukung di televisi.
  4. Sedangkan untuk jenis Games, kamu dapat mengaksesnya pada fitur 'Games'' di Google Play Store.
  5. Atau, silahkan klik 'Search' untuk melakukan pencarian aplikasi yang dikehendaki.
  6. Setelah menemukan aplikasi yang ingin dipasang, langkah terakhir yang dibutuhkan hanya mengetuk tombol 'Install'.

Pasang Aplikasi Via Smartphone Android.

Selain cara di atas, pemasangan aplikasi di Smart TV Android nyatanya dapat dilakukan juga dengan bantuan smartphone Android. Caranya juga sama, yakni melalui toko resmi Google Play Store.

Untuk catatan tambahan, pastikan akun Google di Smart TV Android harus sama dengan milik smartphone Android. Setelah itu, silahkan lakukan cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di perangkat smartphone Android.
  2. Silahkan ketik aplikasi yang dikehendaki di kolom 'Search'.
  3. Untuk mengetahui apakah aplikasi dapat didukung oleh Smart TV, silahkan klik 'Other Device'.
  4. Klik 'TV' aplikasi yang dapat dipasang pada Smart TV pun akan ditampilkan.
  5. Klik tanda panah yang mengarah ke bawah setelah yakin untuk memasang aplikasi di Smart TV.
  6. Kemudian, pilihlah perangkat TV yang hendak di pasangkan aplikasi. Terakhir ketuk "Instal'.

Perlu diketahui, pemasangan aplikasi pada Smart TV sebenarnya memiliki cara yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar langkah-langkah di atas sudah dapat mewakilkan panduannya.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 cara pasang aplikasi di Smart TV Android. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment