Mengenal Perbedaan Smart TV dan Android TV: Jangan Sampai Salah Beli Lho!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Bagi kebanyakan orang, Smart TV dan Android TV merupakan satu kesatuan dari sebuah produk. Nyatanya, kedua alat teknologi ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Untuk mengetahui perbedaan antara Smart TV dan Android TV, kamu tidak bisa mengidentifikasinya dengan berlandaskan penglihatan saja. Melainkan, kedua benda ini bisa dibedakan melalui cara kerjanya saat dioperasikan.

Oleh karena itu, kamu dapat mengetahui perbedaan Smart TV dan Android TV bila sudah mencobanya sebelum yakin untuk membeli. Sehingga, kamu tidak akan menyesal di kemudian hari karena salah membawa produk elektronik.

Smart TV dan Android TV pada tahun 2023 ini memang menjadi buruan para konsumen. Sebab, pemerintah Indonesia secara resmi telah memberlakukan suntik mati untuk penayangan TV Analog di Tanah Air.

Oleh karena itu, masyarakat yang masih menginginkan sebuah tontonan televisi mulai berduyun-duyun beralih ke TV yang lebih canggih. Diantaranya adalah Smart TV atau Android TV, karena keduanya sudah mendukung siaran TV digital.

Sayangnya, ketika sudah berada di toko elektronik. Kejadian saja beli bagi sebagian orang masih saja terjadi, hal ini karena disebabkan oleh anggapan awam yang menyamaratakan antara kedua televisi tersebut.

Memang benar, kedua televisi canggih dan kekinian ini sudah bisa mendukung koneksi jaringan internet. Namun, salah satu produk tersebut memiliki keterbatasan ekosistem yang tidak bisa menambah aplikasi tambahan.

Selain itu, software di antara kedua televisi kekinian ini jangan berlainan. Spesfikasi ini juga mempengaruhi dari harga televisi yang akan dibeli, serta penggunaan jangka panjang dan tidaknya juga bergantung pada perangkat lunak tersebut.

Untuk mengetahui perbedaan antara Smart TV dan Android TV secara menyeluruh, silahkan simak uraian lengkapnya di bawah ini:

Smart TV dan Kelebihannya.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, Smart TV sudah dapat menampilkan siaran TV digital tanpa harus membeli alat set top box terpisah. Dengan begitu, pembelian produk ini akan menghemat ongkos dan ruang peletakan perangkat.

Selain itu, terdapat berbagai aplikasi hiburan lain yang dapat kamu nikmati. Diantaranya adalah Amazon Prime, Netflix, dan lainnya yang bisa dihubungkan ke jaringan WiFi rumah.

Meski sudah sangat canggih, Smart TV memiliki berbagai software yang berbeda dan ditentukan oleh produsennya. Sebagai contoh, bila membeli produk kepunyaan Samsung perangkat lunak yang tersedia berupa Tizen.

Sedangkan untuk Smart TV buatan LG, software yang tersedia secara default ini bernama WebOS. Kedua perangkat ini juga memiliki toko aplikasi yang berbeda.

Sayangnya, software tersebut memiliki ekosistem terbatas. Pengguna tidak dapat mengunduh banyak aplikasi.

Android TV dan Ragam Aplikasi.

Software yang dimiliki oleh Android TV barangkali sudah bisa ditebak dengan mudah. Benar sekali, perangkat lunak ini memiliki sistem Android yang dapat memasang ragam aplikasi lebih banyak dibandingkan Smart TV.

Android TV juga kerap menyarankan pengguna untuk melakukan pembaruan sesering mungkin. Sehingga, penggunaanya juga lebih awet dibandingkan Smart TV.

Kelebihan lainnya dari Android TV ini juga bisa diketahui melalui fitur penyambungan ke WiFi. Jadi, kamu dapat menikmati ragam hiburan untuk menambah referensi tontonan.

Meski terdengar lebih canggih, Android TV yang memiliki sistem perangkat lunak Android ini pastinya dipatok dengan harga lebih mahal.

Itulah penjabaran mengenai perbedaan antara Smart TV dan Android TV yang wajib kamu tahu. Jadi, pastikan kamu tidak salah membeli produk ya! (Dzikrullah) ***

Leave a comment