Lima Kayu Terkuat di Indonesia, Juaranya Pohon Ulin

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bicara kayu, mana kayu terkuat Indonesia? Maka, ada lima pohon penghasil kayu yang masuk ke dalam lima daftar terkuat dan juaranya adalah pohon ulin.

Ya, kayu dari pohon ulin memang sudah sangat lama dikenal kayu terkuat di Indonesia. Bahkan, tanaman dari Pulau Kalimantan ini diberi nama kayu besi.

Sebagai kayu terkuat di Indonesia, ulin bahkan sampai dijadikan bantalan rel untuk kereta api. Namun sayang, pohon Ulin kini bisa dikatakan semakin langka.

Melansir courtina.id, Selasa (5/12/2023), sudah lazim diketahui jika material kayu merupakan material yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Dan, dalam pemanfaatan kayu di bidang konstruksi pasti memilih jenis kayu terkuat di Indonesia. Apa saja kayu terkuat itu, berikut daftarnya:

  1. Kayu Ulin
    Kayu ulin termasuk dalam jenis kayu kelas 1 pada tingkat kekuatan dan keawetannya. Sehingga penggunaan kayu jenis ini sangat sesuai untuk konstruksi bangunan karena mampu bertahan lebih lama dan juga memiliki kekuatan yang baik.

Hal tersebut membuat kayu ulin termasuk dalam jenis kayu terkuat di Indonesia. Kayu ulin biasanya tumbuh di daerah Kalimantan yang dapat tumbuh hingga pada ketinggian 50 meter dengan diameter batang pohon mencapai 2,2 meter.

  1. Kayu Bengkirai
    Kayu bengkirai berada di kelas kayu yang sama seperti kayu ulin yaitu di kelas 1 untuk kekuatan dan keawetannya. Maka tidak heran jika kayu jenis ini sering digunakan dalam pembuatan kerangka bangunan.

Kayu bengkirai masuk dalam kayu terkuat di Indonesia karena kuat dan awet. Selain itu juga kayu ini tahan terhadap cuaca di Indonesia. Pohon bengkirai juga merupakan tanaman khas Kalimantan yang berwarna kuning kecokelatan.

  1. Kayu Jati
    Kayu jati menempati jenis kayu kelas 2 untuk kekuatan dan jenis kayu kelas 1 untuk keawetannya. Jati ini sering kali digunakan sebagai bahan furniture dan interior rumah karena memiliki serat dan tekstur yang indah.

Kayu jati juga tahan terhadap rayap, jamur dan serangga perusak lain. Jati memiliki warna cokelat dengar bobot berat yang membuatnya lebih kokoh. Biasanya pohon jati tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter dengan daun yang lebar.

  1. Kayu Kamper
    Kayu kamper berasal dari tumbuhan khas Kalimantan dan memiliki kekuatan dan keawetan yang bagus sehingga sering digunakan sebagai material konstruksi bangunan meskipun tidak sebaik kayu jati.

Tanaman dari pohon ini dapat tumbuh hingga 20-30 meter dengan diameter batang antara 0,6-1,2 meter. Kayu kamper mempunyai aroma khas yang dapat mengusir rayap dan serangga lain sehingga mendapat sebutan kamper.

  1. Kayu Sonokeling
    Kayu sonokeling juga merupakan kayu terkuat yang bermutu tinggi. Pohon jenis ini biasanya tumbuh di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 20-40 meter.

Tekstur dari kayu ini sangat halus sehingga mudah digunakan dan tidak perlu diamplas. Kayu sonokeling memiliki warna yang gelap dengan corak serat yang indah.

Demikian soal lima kayu trkuat di Indonesia dan sebagian besar besar berasal dari pohon yang hidup di hutan Kalimantan. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment