Berikut Tujuh Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Kamu Pilih Mana?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung? Mungkin ini adalah pertanyaan paling jamak yang dikeluarkan orang yang menderita gangguan itu.

Ya, komedo di hidung bisa dikatakan sangat mengganggu, tidak hanya soal kecantikan tapi juga kesehatan. Tenang, ada banyak cara menghilangkan komedo tersebut.

Setidaknya, ada tujuh cara menghilangkan komedo di hidung. Dan, cara tersebut sejatinya tidak sulit, yang Anda butuhkan adalah keseriusan dan ketelatenan saja.

Melansir siloamhospitals.com, Selasa (28/11/2023), membersihkan komedo tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik tampilan, tetapi juga membuat kulit wajah Anda tampak lebih berseri.

Komedo di hidung umumnya dapat hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara membersihkan komedo di hidung yang bisa Anda coba agar wajah menjadi lebih bersih. Berikut penjelasannya.

  1. Mencuci Muka dengan Rutin

Anda disarankan mencuci muka di pagi hari ketika bangun tidur dan malam hari setelah menjalani aktivitas seharian untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel.

Namun, pastikan Anda memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit untuk mencegah iritasi atau munculnya jerawat. Hindari mencuci muka terlalu sering karena hal tersebut justru memberikan dampak yang kurang baik.

Mencuci muka terlalu sering akan membuat lapisan kulit akan menipis dan menyebabkan peningkatan produksi minyak alami yang dapat menumpuk pada pori-pori dan membuat komedo semakin banyak.

  1. Uap Air Hangat

Cara menghilangkan komedo di hidung yang cukup efektif lainnya yaitu dengan menggunakan uap air hangat. Uap air dapat membuka pori-pori kulit sehingga komedo lebih mudah terangkat saat mencuci muka.

Anda dapat menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajah di atas wadah tersebut selama 5-10 menit. Gunakan handuk untuk menutupi bagian kepala agar uap panas hanya terpapar di bagian wajah saja.

  1. Scrub Oatmeal

Oatmeal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Oatmeal mengandung saponin yang berfungsi sebagai antimikroba dan dapat membersihkan wajah.

Oatmeal juga memiliki kandungan zinc yang bisa mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat oatmeal yang padat juga berfungsi sebagai lulur fisik untuk muka, namun perlu diperhatikan intensitas penggunaannya agar tidak terlalu sering karena berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Menggunakan Madu Manuka

Madu manuka diketahui memiliki kandungan zat antibakteri yang dapat membantu mencegah munculnya jenis jerawat ringan serta zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan kulit.

Anda dapat mengoleskan madu manuka di bagian hidung dan mendiamkannya selama 15-30 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah merupakan cara menghilangkan komedo di hidung dan dagu yang dinilai cukup efektif. Eksfoliasi adalah perawatan untuk mengangkat sel kulit mati.

Terdapat dua jenis eksfoliasi, yaitu physical dan chemical. Physical exfoliation atau eksfoliasi fisik dilakukan menggunakan scrub. Namun, tidak semua kulit cocok dengan produk yang satu ini, terutama kulit sensitif.

Maka dari itu, Anda disarankan menggunakan scrub maksimal 1-2 kali seminggu. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya guna menghindari iritasi kulit.

Sementara itu, chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia merupakan cara eksfoliasi menggunakan bahan-bahan kimia, seperti AHA, BHA, dan PHA, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah minyak berlebih serta kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

Eksfoliasi kimia dilakukan setidaknya 1 minggu sekali, namun lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Bila dilakukan terlalu sering atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi, hal tersebut berisiko menyebabkan iritasi.

  1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan menggunakan kristal-kristal halus serta vakum khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak di pori-pori. Perawatan ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah.

  1. Terapi Laser

Terapi laser adalah cara menghilangkan komedo di hidung yang dilakukan menggunakan sinar cahaya intens untuk membunuh bakteri dan mengurangi produksi minyak.

Sinar cahaya pada terapi laser dapat menembus bagian bawah permukaan kulit tanpa menimbulkan efek samping. Dokter biasanya juga menggunakan alat khusus untuk membersihkan komedo dari pori-pori agar hasilnya lebih maksimal.

Demikian tujuh cara menghilangkan komedo di hidung. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment