Trik Transfer Chat WhatsApp ke Aplikasi Telegram di Android dengan Mudah: Tak Perlu Copy Paste Pesan Satu-Satu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pemindahan pesan antar aplikasi rasanya tak mungkin terjadi. Namun faktanya, terdapat trik khusus transfer chat WhatsApp ke aplikasi Telegram di Android yang bisa kamu lakukan.

Meski terdengar mustahil, transfer chat WhatsApp ke aplikasi Telegram di smartphone Android ternyata bisa dilakukan. Sehingga, kamu dapat menyalin kumpulan pesan dan kemudian dikirimkan ke kontak orang lain.

Karena sebagian pengguna masih belum mengetahuinya, trik transfer chat WhatsApp ke aplikasi Telegram di Android ini memiliki cara khusus. Jadi, pastikan kamu membaca artikel ini sampai tuntas agar bisa melakukannya.

Pemindahan pesan singkat yang berada di WhatsApp ini dapat dilakukan hanya pada beberapa aplikasi. Hal ini dikenal dengan istilah 'Ekspor', yakni menyalin chat secara lengkap untuk dikirimkan ke platform lain.

Sayangnya, kemampuan WhatsApp mengirimkan chat ke platform lain masih terbatas. Diantara beberapa aplikasi yang bisa dijadikan target ekspor ini antara lain Gmail dan Telegram saja.

Kedua aplikasi di atas memang sudah familiar bagi pengguna Indonesia. Tidak heran, pengguna Android mempunyai WhatsApp dan Telegram sama-sama terinstal di satu smartphone.

Mereka mengunduh kedua aplikasi tersebut berharap dapat memperluas koneksi telekomunikasi. Oleh karenanya, mereka pun kerap pula kedapatan menyalin salah satu teks dan dikirimkan ke Telegram.

Bila penyalinan pesan tersebut dilakukan secara manual, yakni dengan teknik 'Copy' dan 'Paste', pastinya akan menyita waktu.

Untuk menganulir masalah tersebut, WhatsApp pun menghadirkan fitur 'Eksplor' agar pentransferan chat bisa dilakukan ke platform berlogo pesawat kertas.

Supaya dapat mengetahuinya dengan detail, berikut ini penjabaran mengenai trik transfer chat WhatsApp ke aplikasi Telegram di Android:

Transfer Chat WhatsApp ke Telegram.

Sebelum memulainya, transfer chat WhatsApp ke Telegram ini tidak bisa dilakukan dengan memilih salah satu pesan. Maksudnya, trik ini dikhususkan mengirim seluruh isi pesan ke kontak teman sekaligus.

Adapun uraian perlangkahnya, sebagaimana di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di Android.
  2. Pada ruang obrolan, pilihlah salah satu kontak yang chatnya ingin diekspor ke platform bergambar pesawat.
  3. Setelah masuk ke ruang obrolan kontak, klik ikon titik tiga yang terletak di sebelah pojok kanan atas.
  4. Klik opsi 'Lainnya' atau 'More' pada deretan menu.
  5. Ketuk pilihan 'Ekspor Chat'.
  6. Akan muncul pop-up berupa permintaan persetujuan antara 'Sertakan Media' dan 'Tanpa Media'.
  7. Adapun yang dimaksud dengan opsi 'Sertakan Media', pesan yang akan ditransfer juga termasuk seluruh video dan foto yang pernah dikirim atau diterima olehmu.
  8. Sedangkan opsi 'Tanpa Media', yakni opsi pilihan chat yang akan diekspor tidak mengandung file foto atau video.
  9. Bila sudah memilih salah satu osi tersebut, secara otomatis sistem akan mengarahkanmu ke aplikasi Telegram.
  10. Pilih salah satu kontak yang berada di Telegram. Kemudian, kik 'Impor'.

Demikianlah pembahasan mengenai trik transfer chat WhatsApp ke Telegram di Android. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment