Trik Buat Nomor Halaman Satu di Halaman Kedua pada Ms Word Tanpa Fitur Breaks: Mudah, Tak Banyak Langkah!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pembuatan nomor halaman pertama di halaman kedua pada Ms Word, lumrahnya harus melalui proses fitur 'Breaks'. Namun, kamu bisa membuatnya tanpa fitur tersebut.

Pada pembahasan kali ini, kamu akan mengetahui cara membuat nomor halaman pertama di halaman kedua pada Ms Word tanpa terlebih dahulu mengaktifkan fitur Breaks. Sehingga, prosesnya tidak banyak yang harus dilakukan.

Jadi, kamu tidak harus mengaktifkan fitur Breaks terlebih dahulu di Ms Word untuk membuat nomor halaman pertama di halaman kedua. Melainkan, trik ini akan menggunakan opsi-opsi yang sudah tersedia di menu Footer langsung.

Sudah menjadi pengetahuan dasar apabila pengguna ingin membubuhkan nomor halaman pertama di halaman kedua dengan Breaks. Sayangnya, tutorial ini harus bolak-balik mengakses 'Layout' pada menu bar.

Bisa dikatakan, cara tersebut cukup membuat bingung pengguna. Akan tetapi, bila pembuatan nomor halaman hanya berdasarkan cara manual , bisa dipastikan hasil nomor satu akan tetap berada di halaman pertama.

Hal inilah kenapa sebagian orang merasa kesulitan ketika sedang menggarap karya tulis ilmiah. Pasalnya, halaman pertama tidak boleh dibubuhi nomor halaman lantaran diisi oleh cover sebuah karya.

Sedangkan pada sistem kerja footer, pembubuhan nomor akan terus berkesinambungan. Sebagai contoh, bila hendak memberikan nomor halaman pada halaman ketiga, secara otomatis footer juga akan mengurutkan lembaran tersebut di posisi ketiga.

Sedangkan bila salah satu nomor halaman dihapus, nomor sebelum atau sesudahnya juga akan ikut terhapus. Dengan demikian, sistem kerja Footer inilah yang melatarbelakangi kesulitan pembuatan nomor halaman.

Tak jarang pula, penggarap skripsi, esai, atau makalah lebih memilih memisah isi kumpulan file berbentuk beberapa part dokumen.

Hal tersebut dapat diatasi dengan mengetahui trik pembuatan nomor halaman satu di halaman kedua, yang akan dibagikan di bawah ini. Berikut uraian lengkapnya:

Trik Pembuatan Nomor Halaman Pertama di Halaman Kedua dengan Footer.

Adapun langkah pertama yang harus disiapkan, yakni pastikan kamu telah memiliki dokumen yang hendak dibubuhi nomor halaman. Beginni langkah lengkapnya:

  1. Buka dokumen yang telah disiapkan.
  2. Buka halaman baru di dalam dokumen tersebut.
  3. Pada halaman baru, silahkan tambahkan nomor halaman dengan membuka Footer. Caranya arahkan kursor di bagian bawah halaman, kemudian klik dua kali.
  4. Ketuk opsi 'Page Number' pada opsi footer.
  5. Akses terlebih dahulu ke pilihan 'Header and Footer'.
  6. Setelah itu, klik opsi 'Different First Page'.
  7. Nomor halaman pun akan ditampilkan secara berurutan dari awal hingga akhir.
  8. Untuk menghapus nomor pertama di halaman pertama dan mengawali di halaman kedua, silahkan klik menu 'Page Number' di opsi 'Header and Footer'.
  9. Masuk ke layanan 'Format Page Number'.
  10. Di dalam jendela pop-up nomor halaman, kamu harus klik opsi 'Start At'. Isilah awal halaman dengan angka 0, sehingga nomor pertama akan dimulai pada halaman kedua.

Demikianlah pembahasan mengenai trik pembuatan nomor halaman satu di halaman kedua tanpa fitur Breaks di Ms Word. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment