Pj Sekda Kalbar Minta Jajaran Dishub Tingkatkan Layanan Transportasi Orang dan Barang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Penjabat atau Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari meminta seluruh jajaran Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten dan Kota berperan aktif meningkatkan layanan transportasi orang dan barang.

Sebab, kemudahan transportasi menjadi kunci kemajuan daerah. Apalagi, Kalbar merupakan daerah penyangga Ibu Kota Nusantara.

Kemajuan transportasi publik harus terus didorong, agar seluruh wilayah Kalbar bisa terkoneksi dengan mudah. Dengan begitu, diyakni pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat.

"Ini tantangan baru yang perlu kita sikapi. Perbaikan sektor perhubungan mulai dari infrastruktur sampai dengan transportasi harus dilakukan, sehingga dapat menunjang pelaksanaan pemerintahan ke depan," kata Bari dalam rapat sinkronisasi program kegiatan pusat dan daerah, Kamis (16/11/2023).

Di kesempatan itu, Bari menegaskan, rapat sinkronisasi ini benar-benar dimanfaatkan untuk menggali sebanyak mungkin aspirasi dari daerah, dalam upaya kita membangun infrastruktur transportasi baik itu di darat, laut maupun di udara.

"Saya berharap, kegiatan sinkronisasi kali ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk saling berdiskusi meningkatkan pelayanan transportasi di Kalimantan Barat," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kalbar, Y Antonius Rawing, mengatakan, rakor itu memang untuk menyamakan persepsi dalam menyediakan moda transportasi yang lebih handal dan optimal, sehingga mampu menyediakan kemudahan bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan transportasi.

"Untuk itu diperlukan sinergi antara pusat daerah dalam membangun komunikasi bersama untuk tujuan tersebut," kata Rawing.

Ia pun menegaskan, penyediaan transportasi yang mudah, menjadi keharusan bagi Kalbar sebagai daerah penyaggah IKN. “Tentu hal ini menjadi langkah strategis kita dalam menunjang konektivitas transportasi di Kalimantan,” katanya.***

Leave a comment