Pj Sekda Kalbar Tegaskan Layanan Transportasi Publik Mesti Dibenahi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Penjabat atau Pj Sekda Kalbar, Muhammad Bari, menegaskan, kondisi pelayanan sektor perhubungan di Kalbar saat ini masih harus dilakukan pembenahan.

Sebab, sarana dan prasarana transportasi yang ada saat ini tidak sebanding dengan laju pertumbuhan mobilisasi orang maupun barang, dengan kondisi geografis Kalimantan Barat sebagai daerah perbatasan Indonesia Malaysia, yang memiliki tiga border perbatasan.

Ia pun menyebut, saat ini, kulatitas pelayanan transportasi darat belum memenuhi harapan masyarakat.

Ini lah yang menjadi pemicu masyarakat beralih ke penggunaan kendaraan pribadi, dan akhirya berdampak pada peningkatan kemacetan maupun kecelakaan di jalan raya.

"Karena itu, sektor perhubungan harus bertransformasi dalam menunjang kelancaran dan keamanan, khususnya transportasi massal," kata Bari saat rapat sinkronisasi program dan kegiatan pemerintah pusat dan daerah, yang digelar oleh Dinas Perhubungan Kalbar, Kamis (16/11/2023).

Rapat sinkronisasi itu pun dihadiri seluruh Dinas Perhubungan di 14 kabupaten/kota. Bari menekankan, Dinas Perhubungan harus berperan aktif dalam melakukan transformasi transportasi yang modern, cerdas dan terintegritas. Agar kemudahan mobilitas orang, maupun barang bisa sesuai harapan masyarakat.

"Saya menghimbau, seluruh jajaran Dinas Perhubungan se-Kalimantan Barat agar mampu membangun sinergitas untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan sesuai tugas pokok dan fungsinya,” pesan Bari.***

Leave a comment