3 Trik Atasi iCloud Iphone yang Sering Penuh: Mudah Dilakukan Asal Tahu Caranya!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Dengan menerapkan 3 trik atasi iCloud Iphone yang sering penuh ini, penyimpanan jenis awan di ponselmu tidak akan lagi bermasalah kembali. Asalkan kamu harus mengetahui langkat tepatnya.

Sebagai catatan penting, 3 trik atasi iCloud Iphone yang sering penuh terbagi menjadi dua tahap. Adakalanya dengan rajin mengecek beberapa minggu sekali, ada pula yang hanya perlu melakukannya sekali saja.

Kemudian, 3 cara atasi iCloud Iphone yang sering penuh ini juga memiliki benefit. Ruang yang sudah kembali kosong, bisa digunakan untuk penyimpanan video, foto, atau dokumen penting lainnya di kemudian hari.

Bagi pengguna Iphone, ruang penyimpanan iCloud memang dibatasi pada pertama kali pemakaian. Yakni, ruang yang tersedia hanya berukuran sebesar 5 GB saja.

Sedangkan bagi sebagian orang, ruang penyimpanan awan 5 GB ini cukup berarti. Sebab, mereka akan mencadangkan dokumen penting di dalamnya dengan tujuan tidak perlu mentransfer ulang saat berganti perangkat.

Bila tidak disadari, seluruh data dari hasil berselancar di media sosial akan tersimpan di dalamnya. Sehingga, secara otomatis iCloud akan overload dalam waktu berkala dan tidak bisa digunakan lagi.

Bila mendapati kasus seperti yang di atas, cobalah simak 3 trik atasi iCloud Iphone yang sering penuh di bawah ini:

  1. Hapus File Cadangan yang Tidak Penting.

Trik pertama yang bisa dilakukan, yakni dengan cara menghapus file cadangan yang menumpuk pada iCloud. Begini panduan penghapusannya:

  • Masuk ke 'Pengaturan' yang terletak di general setting perangkat Iphone.
  • Pada banner Apple, klik opsi 'iCloud'.
  • Kemudian, silahkan akses pada fitur layanan 'Kelola Penyimpanan Akun'.
  • Ketuk file cadangan pada 'Hapus dan Matikan Cadangan'.
  • Silahkan pilih file cadangan yang dirasa tidak penting lagi. Kemudian, jangan lupa untuk menghapusnya.
  1. Pilah-Pilih Pengaturan Penyimpanan Data Aplikasi.

Kemudian, iCloud yang kerap penuh juga bisa diakibatkan oleh data aplikasi yang tersimpan secara otomatis. Pada umumnya, platform tertentu saat digunakan akan menghimpun seluruh data yang pernah dijalankan.

Penghimpunan ini kemudian akan disimpan secara rapi pada iCloud. Oleh sebab itu, bertindak bijak untuk mengelola penyimpanan data aplikasi menjadi kunci agar penyimpanan awan tidak overload.

Berikut panduan memilah-milih aplikasi yang benar-benar layak untuk disimpan pada iCloud:

  • Buka 'Pengaturan' general pada perangkat iPhone.
  • Di banner Apple, silahkan klik opsi 'iCloud'.
  • Selanjutnya, masuk ke pilihan 'Tampilkan Semua'.
  • Ketuk 'App yang Disimpan pada iCloud'.
  • Matikan aplikasi tertentu agar penyimpanannya tidak terjadi di iCloud.

Dengan menjalankan trik kedua ini, kemudian data aplikasi yang sudah dimatikan akses penyimpanan pada iCloud tidak akan lagi tersimpan kembali.

  1. Hapus Foto dan Dokumen.

Begitu juga dengan kasus dokumen, video, dan foto yang baru diterima atau sudah dikirim. Kesemu datanya akan tersimpan di dalam iCloud, sehingga suatu waktu penyimpanan awan ini tidak lagi muat untuk menghimpun data lain.

Agar tidak terjadi kasus tersebut, hapuslah ragam file yang dirasa berukuran besar pada iCloud. Jangan lupa untuk mencadangkan terlebih dahulu ke komputer, sebelum menghapus permanen.

Demikianlah panduan mengenai 3 trik atasi iCloud Iphone yang sering penuh. Semoga uraian di atas dapat membantumu. (Dzikrullah) ***

Leave a comment