Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Badan, Jangan Sembarangan! Cek Infonya Di Sini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Pernah menjadi korban mode atau salah kostum? Apalagi ketika salah pilih gaun pengantin, busana yang harusnya memesona malah menjadi jelek karena tidak sesuai dengan bentuk badan.

Artinya, bentuk gaun pengantin memang idealnya disesuaikan dengan badan. Ini tak lain agar kostum tersebut tampak pas, memukau, elegan, dan Anda pun tambah cantik.

Sering kasus, calon pengantin memilih gaun pengantin sesuai selera atau trendnya saja tanpa memedulikan bentuk badan. Hal inilah yang kemudian menjadi bumerang.

Melansir generali.co.id, Senin (6/10/2023), ada beberapa bentuk badan yang menentukan jenis gaun pengantin. Jadi, jangan sembarangan memilih agar si pengantin tak salah jalan.

Karena itu, pahami bentuk badan Anda sebelum memilih gaun pengantin. Nah, berikut daftarnya.

  1. Badan Mungil
    Untuk Anda yang bertubuh mungil, sebaiknya pilih baju pengantin dengan potongan lurus pas badan yang ketat di pinggang, atau gaun berpotongan A-line dengan korset yang pas dan bagian rok yang mengembang.

Gunakan garis leher berbentuk hati atau model Sabrina atau off-shoulder, dan pilih bahan gaun dari taffeta atau tutu yang ringan sehingga Anda terlihat lebih tinggi sekaligus ramping.

Hindari gaun dengan bahan terlalu berat seperti satin atau taffeta yang terlalu tebal, serta aksesoris yang berlebihan, karena ini bisa menenggelamkan postur Anda yang mungil.

  1. Badan Buah Apel
    Untuk yang memiliki bentuk badan seperti buah apel, Anda akan terlihat lebih langsing dengan gaun empire-line atau baby doll yang berpotongan di atas pinggang atau di bawah dada.

Rok bawah sebaiknya dibuat dari bahan yang jatuh lembut, sehingga Anda akan terlihat lebih ramping dan jenjang. Hindari garis leher yang terlalu tinggi, pilihlah garis leher berbentuk V atau berbentuk hati yang lebih elegan.

  1. Badan Buah Pir
    Pada wanita yang memiliki bentuk badan seperti buah pir, biasanya pinggul lebih lebar daripada bahu dan pinggang.

Untuk menyiasatinya, pilih baju yang memiliki aksen di sekitar garis leher dengan potongan gaun A-line yang cantik atau bagian baju atas yang pas di pinggang serta rok yang melebar ke bawah, dengan tangan panjang.

  1. Badan Segitiga Terbalik
    Bagi pemilik badan dengan bahu yang lebih lebar dari pinggul, seimbangkan proporsi tubuh dengan gaun pengantin bergaya putri duyung yang pas di badan, dengan lengan panjang dan garis leher bentuk V, sehingga Anda semakin terlihat menawan.
  2. Badan Berbentuk Gitar
    Untuk yang memiliki badan dengan bentuk gitar atau jam pasir, Anda salah satu tipe pemilik tubuh yang beruntung dan bisa mengenakan gaun model apa saja.

Tonjolkan lekuk tubuh femininmu dengan rok ala putri duyung atau tutu mengembang ala putri-putri kerajaan, dengan garis leher bentuk hati dan tali spageti yang manis.

  1. Badan Atletis
    Postur tubuh atletis yang langsing akan terlihat feminin dan elegan dengan gaya rok putri duyung atau A-line. Pastikan gaun memiliki potongan pinggang yang pas badan, dan pilihlah gaun dengan bagian atas model kemben seksi yang membuat lengan dan bahumu yang ramping semakin menonjol.
  2. Badan Berpostur Tinggi
    Beruntungnya Anda yang memiliki kaki panjang dan siluet jenjang! Supaya terlihat semakin mengagumkan bak seorang putri di hari terpenting dalam hidupmu, pilih gaun dengan rok berbahan jatuh mengembang ala Yunani.

Hal ini akan kian menonjolkan posturmu yang langsing dengan kaki jenjang. Tambahkan aksen di bagian rok gaun dengan lipit-lipit cantik.

Demikian soal pilihan gaun pengantin yang diseuaikan dengan bentuk badan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***



Leave a comment