Selain Shampo, Obati Ketombe dengan Bahan Alami Ini

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Mengatasi atau mengobati ketombe bisa dikatakan gampang, cukup keramas dengan shampo atau membersihkan kulit kepala. Pun, berbagai bahan alami bisa digunakan.

Artinya, merawat kulit kepala hingga terhindar dari ketombe tidak semata andalkan shampo. Cukup banyak bahan alami yang mampu menggantikannya.

Bahkan, bahan alami dianggap lebih sehat dibanding shampo karena bukan buatan pabrik, hingga tidak sekadar menyingkirkan ketombe tapi juga merawat rambut.

Melansir siloamhospitals.com, Jumat (3/11/2023), dandruff atau ketombe adalah kondisi berupa munculnya serpihan kulit kepala berwarna putih atau kuning yang disertai rasa gatal.

Pada dasarnya, belum diketahui secara pasti apa penyebab munculnya ketombe. Namun, terdapat dugaan bahwa ketombe dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, infeksi jamur, tidak keramas secara rutin, dan sebagainya.

Agar tidak semakin memburuk, penting untuk menangani ketombe sesegera mungkin. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan-bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah:

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung senyawa yang mampu melembapkan serta mencegah kulit kepala kering.

Bahkan, minyak kelapa juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba dan antijamur sehingga mampu melawan berbagai kuman patogen penyebab ketombe.

Untuk mengatasi ketombe, tuangkan 3–5 sendok teh minyak kelapa pada kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama 1–2 jam, lalu keramas menggunakan shampo seperti biasa.

  1. Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, menggunakan minyak zaitun juga menjadi salah satu cara alami menghilangkan ketombe karena dapat membantu melembapkan serta mengurangi pengelupasan kulit kepala.

Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata, lalu gunakan penutup kepala dan diamkan selama satu malam. Pada pagi harinya, keramaslah untuk membersihkan sisa minyak zaitun yang menempel pada rambut dan kulit kepala.

  1. Tea Tree Oil

Ketombe juga bisa dihilangkan dengan memanfaatkan tea tree oil sebagai masker rambut. Tea tree oil merupakan minyak yang didapatkan dari penyulingan uap daun tea tree.

Minyak ini diketahui mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe serta meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

  1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung senyawa yang bersifat antijamur dan antiradang sehingga mampu mengatasi jamur dan peradangan pada kulit kepala yang kerap memicu munculnya ketombe.

Selain itu, bahan alami ini juga mampu meredakan rasa gatal sekaligus menguatkan akar rambut.

  1. Soda Kue

Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami yang mudah dilakukan adalah dengan mengoleskan larutan soda kue pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan soda kue mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui mengandung senyawa yang bersifat antijamur sehingga dapat mencegah munculnya jamur penyebab ketombe. Selain itu, kandungan asam pada cuka sari apel juga mampu membantu menjaga keseimbangan pH pada kulit kepala.

  1. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu membasmi ketombe serta mengoptimalkan pertumbuhan akar rambut, seperti vitamin C, flavonoid, asam sitrat, magnesium, dan lain sebagainya.

  1. Bawang Putih

Untuk menghilangkan ketombe, bawang putih dapat dijadikan sebagai masker rambut dengan cara menumbuknya hingga halus, lalu dicampur dengan air dan madu.

Setelah itu, aplikasikan pada seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama beberapa jam. Terakhir, keramaslah seperti biasa untuk menghilangkan sisa masker bawang putih.

  1. Masker Pisang

Buah pisang dipercaya mampu melembapkan serta mencegah kulit kepala kering yang dapat memicu munculnya ketombe.

Cara menggunakannya pun terbilang praktis, cukup lumatkan satu buah pisang dan aplikasikan secara merata pada rambut serta kulit kepala. Diamkan selama satu jam, lalu bilas menggunakan air hangat.

Demikian soal bahan alami yang mampu mengusir ketombe selain shampo. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment