BI Kalbar Apresiasi Rumah Belajar Kain Pantang Sintang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SINTANG, insidepontianak.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik dan mengapresiasi Galeri Pantang Sintang, terutama kepada Dian dan Hetty, yang telah mendirikan Rumah Belajar Kain Pantang Sintang di Kabupaten Sintang.

N.A. Anggini Sari, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat pada Peresmian Rumah Belajar Kain Pantang Sintang, 4 November 2023 menjelaskan jika Rumah Belajar ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelajar, mahasiswa, dan masyarakat.

"Terutama yang memiliki minat pada proses pembuatan wastra pantang ikat Sintang," jelasnya.

Rumah Belajar ini juga sebagai upaya pengembangan UMKM bidang fashion dan pengembangan destinasi wisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Kalbar.

"Sekaligus dalam rangka pelestarian budaya dengan penggunaan kain pantang pada acara-acara adat," urainya.

Pendirian Rumah Belajar ini merupakan salah satu tindak lanjut pengembangan usaha dari Galeri Kain Pantang Sintang, salah satu UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat yang pada perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 tanggal 27 Juli 2023 lalu di Jakarta dan berhasil menampilkan Kain Tenun Ikat Sintang pada penyelenggarsan fashion show bersama desainer nasional Edward Hutabarat.

Keberadaan Rumah Belajar Kain Pantang Sintang ini selanjutnya juga diharapkan dapat menginspirasi pihak terkait lainnya untuk bersama-sama melestarikan dan mengembangkan Kain Pantang Sintang.

"Sehingga mengangkat wastra Kalbar menjadi salah satu wastra yang berkiprah di nasional maupun internasional," paparnya mengakhiri. ***

Leave a comment