Tiga Jenis Ukuran Koper yang Bisa Jadi Pilihan, Kamu Tipe yang Mana?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Koper tidak hanya menunjukkan kelas, tapi lebih mengarah ke fungsi. Itulah sebab, jenis ukuran koper sangat berpengaruh bagi seseorang.

Ya, sejauh mana koper bisa menampung barang bawaan. Maka dari itu, jenis koper terdiri dari berbagai ukuran hingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis ukuran koper ini secara umum terbagi dari tiga kelas yakni koper kabin, koper medium, dan koper besar. Tentu hal ini sesuai dengan fungsinya.

Melansir gramedia.com, Sabtu (4/11/2023), jika dilihat sekilas, tentu banyak yang mengira bahwa ukuran koper sama saja. Akan tetapi, ternyata koper terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukurannya.

Yang jelas, perlu menyiapkan koper yang sesuai dengan kebutuhan saat bepergian. Hal tersebut perlu diperhatikan karena penggunaan koper yang tidak tepat akan membuat perjalanan menjadi semakin sulit.

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar ukuran koper yang perlu dipahami:

  1. Koper Kabin
  • 16 Inci

Ukuran koper yang pertama yaitu koper yang bisa masuk ke dalam kabin pesawat atau yang biasa disebut cabin size. Dimana ukuran koper kabin yang paling mungil adalah 16 inci.

Panjang x lebar x tinggi koper tersebut yaitu 30 x 17 x 47 cm. Karena ukurannya yang kecil, koper ini hanya dapat memuat sedikit barang saja.

Umumnya, orang yang menggunakan koper ini hanya akan bepergian sebentar saja. Atau, apabila melakukan penerbangan dengan tidak membeli bagasi tambahan, maka koper dengan ukuran yang satu ini sangat cocok.

-18 Inci

Masih dari jenis koper cabin size yang memiliki ukuran 18 inci atau 33 x 20 x 43 cm. Ukurannya agak sedikit lebih panjang dan juga lebar dari yang berukuran 16 inci, namun masih bisa untuk dimasukkan ke dalam kabin.

-20 Inci

Ukurannya yaitu 37 x 32 x 56 cm, jauh lebih tinggi dan panjang dibandingkan dengan kedua ukuran kabin di atas. Tinggi dari koper ini mencapai paha orang dewasa.

Meskipun termasuk mungil, koper 20 inci ini dapat membuat barang-barang dan juga pakaian sampai 16 kg. Namun, jika mau memasukkannya ke kabin, maka maksimal beratnya yaitu 7 kg saja.

Koper ukuran ini juga sudah cukup aman untuk membawa kebutuhan selama perjalanan kurang lebih satu pekan.

  1. Koper Medium

-22 Inci

Ukuran koper yang satu ini dan seterusnya tidak dapat dibawa ke kabin. Ukuran koper medium ini yang paling kecil mencapai 22 inci atau 38 x 22 x 58 cm.

Dapat dikatakan bahwa ukuran koper ini tanggung, karena jika dibilang kecil tapi kenyataannya tidak kecil, namun jika dibilang besar juga tidak. Terdapat beberapa maskapai yang masih memperbolehkan koper 22 ini masuk ke dalam kabin, meski memang jarang terjadi.

Umumnya, yang mengizinkan koper ini masuk ke dalam kabin untuk penerbangan kota saja.

-24 Inci

Tipe ukuran koper berikutnya ini adalah 24 atau 43 x 23 x 63. Koper yang satu ini adalah ukuran terakhir dalam jenis koper medium. Sehingga koper medium ini hanya memiliki dua ukuran.

Koper ini cukup untuk membuat pakaian dan juga barang-barang untuk bepergian selama dua pekan. Berat yang dapat ditampungnya yaitu 26 kg.

Berbeda halnya dengan koper 22 inch yang masih bisa untuk dimasukkan ke dalam kabin. Koper 24 ini telah dipastikan tidak dapat masuk ke dalam kabin. Karena koper ini cukup besar dan tinggi, maka dari itu sudah tidak muat lagi di dalam kabin.

  1. Koper Besar

-28 Inci

Tingginya sendiri sekitar pinggang orang dewasa, dengan ukuran 47 x 32 x 73 cm. Untuk berat yang dapat ditampung koper ini mencapai 35 kg.

Ukuran koper ini tergolong yang paling laris manis di pasaran, mungkin karena besar namun tidak berlebihan juga besarnya.

  • 32 Inci

Ukuran koper ini yaitu 51 x 35 x 81 cm. Berbeda dengan yang berukuran 28, koper 32 ini tidak terlalu banyak ada di pasaran. Karena ukurannya yang sangat besar, jadi orang-orang jarang mencari ukuran koper ini.

Koper ukuran 32 ini bisa membawa barang bawaan sampai seberat 45 kg. Umumnya, orang yang menggunakan koper ini apabila akan bepergian selama 3 pekan atau lebih.

Demikian soal koper, aenega jenis ukuran, yang bisa jai pilihan saat bepergian. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment