Tips Mengatasi WC Mampet, Berlaku untuk WC Duduk atau WC Jongkok

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Terlepas soal pilihan WC duduk atau WC jongkok, yang paling membuat tidak nyaman adalah WC mampet. Nah, apa tips untuk menanggulangi atau mengatasinya?

Maksudnya, tips ini dipakai tanpa harus memanggil tukang sedot atau sebagainya. Jadi, Anda bisa mengatasi WC mampet di WC duduk atau WC jongkok punya Anda.

Nah, tips ini bisa dikatakan sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Tidak mmandang WC duduk atau WC jongkok, selama WC ampet, cobalah segara.

Melansir dekoruma.com, Kamis (2/11/2023) WC mampet tentu sangat menjengkelkan karena bisa menghambat penghuni rumah lainnya saat ingin menggunakan WC.

Tak hanya itu, WC mampet juga bisa menjadi biang bau tak sedap dalam rumah karena kotoran yang tidak bisa masuk ke dalam septic tank.

Biasanya penyebab utama terjadinya mampet adalah keberadaan tisu. Beberapa barang lain yang menyebabkan WC mampet yaitu pembalut, cotton bud, tusuk gigi, tisu basah, rambut, popok bayi, dan sebagainya.

Cara mengatasi WC mampet yang paling mudah adalah dengan menggunakan penyedot WC. Namun, Anda juga bisa melakukan sendiri anpa menggunakan jasa itu. Berikut ini tipsnya.

  1. Pakai Garam
    Untuk melakukan cara ini, sebaiknya Anda menggunakan jenis garam batu yang dianggap paling ideal untuk mengatasi permasalahan WC mampet. Namun, nggak usah khawatir kalau kau tidak punya garam batu.

Pasalnya, garam dapur yang kasar dengan tambahan baking soda juga ampuh untuk dijadikan cara mengatasi WC mampet.

Sebelum mengatasi WC mampet dengan garam, pastikan dulu bahwa air di dalam WC tidak penuh. Jika sudah, Anda bisa menuangkan garam sekitar 500 gram ke dalam lubang WC.

Setelah itu, tuangkan satu liter air panas yang mendidih. Diamkanlah WC tersebut sekitar delapan jam.

Selama waktu tersebut, seharusnya penyumbatan yang terjadi di dalam WC sudah luluh. Anda bisa menyiramnya dengan air untuk mendorong sisa sumbatan tersebut ke dalam septic tank.

  1. Pakai Sabun Cuci Piring dan Air Panas
    Anda hanya perlu menyediakan 1 cangkir sabun cuci piring cair, air panas yang cukup banyak, dan handuk. Letakkan handuk di lantai sekitar WC untuk melindunginya dari tumpahan air WC.

Masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga sabun mengendap. Sabun cuci piring berguna untuk melicinkan pipa saluran WC supaya benda yang menyumbat mampu mengalir ke dalam septic tank dengan lebih mudah.

Tuangkan air panas sebanyak mungkin tapi jangan sampai air keluar dari WC. Diamkan selama 20 menit. Lalu, flush WC untuk mengecek apakah WC masih tersumbat.

  1. Pakai Baking Soda dan Cuka
    Kedua bahan ini selalu jadi pilihan untuk mengatasi ragam permasalahan hunian, mulai dari sekedar membersihkan kotoran hingga mengatasi wastafel tersumbat. Baking soda dan cuka pun bisa jadi cara mengatasi WC mampet.
    Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui dulu perbedaan baking soda dan baking powder agar tidak salah menaburkannya ke dalam wc.

Tebarkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC dan tunggu hingga mengendap. Sesudah itu, tuangkan dua cangkir cuka dengan gerakan memutar supaya cuka tersebar merata.

Saat melakukan cara mengatasi WC mampet ini, kamu akan melihat gelembung-gelembung dari reaksi kedua bahan tersebut dan pastikan jangan sampai gelembung keluar dari WC.

Beri waktu baking soda dan cuka untuk mengatasi permasalahan ini selama satu jam. Kemudian, flush WC. Apabila masih tersumbat, lakukan cara mengatasi WC mampet ini dengan menambahkan baking soda dan cuka lagi, lalu diamkan semalaman.

Demikian soal tips sederhana mengatasi WC mampt, tidak peduli itu WC duduk atau WC jongkok. Semoga bermanfaaat. (Adelina). ***

Leave a comment