Kalbar Rawan Bencana, Harisson Harap Kemampuan Petugas Emergency Ditingkatkan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson, memuji kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Emergency Medical Team (EMT) dalam penanggulangan krisis kesehatan health security, Rabu (1/11/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan. Harisson menilai, kegiatan ini sangat baik untuk memacu dan meningkatkan kapasitas kompetensi petugas emergency dalam menghadapi suatu bencana.

"Kegiatan ini kita perlukan karena memang Kalimantan Barat termasuk daerah yang rawan bencana," ucapnya.

"Kalau musim hujan kita bencana banjir, musim kemarau kita kebakaran lahan dan hutan, dan banyak lagi sebenarnya bencana lainnya," lanjut Harisson.

Dia berharap petugas emergency menjadi yang terdepan dalam memberikan perlindungan atau pertolongan kepada masyarakat yang terkena musibah.

"Mudah-mudahan ke depan kita memang benar-benar dapat memberikan pertolongan, bantuan kepada masyarakat yang mengalami bencana. Karena memang Negara itu harus hadir dalam setiap kesusahan yang dihadapi oleh masyarakat," harap Harisson.

Ia pun menekankan, jika terjadi suatu bencana, tim kesehatan wajib hadir memberikan pertolongan.

"Sebenarnya saat terjadi bencana, tim-tim kesehatan maupun tim emergency sudah hadir, tinggal bagaimana meningkatkan kapasitas mereka dan kemampuan mereka," ucapnya.***

Leave a comment