Tujuh Istilah yang Patut Diketahui Sebelum Investasi Emas: Biar Tak Bingung

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Investasi emas adalah sesuatu yang menggirukan. Namun, sebelum melakukan investasi, sebaiknya Anda pahami dulu istilah-istilah yang berkaitan dengan emas.

Memahami istilah terkait dengan emas dan artinya adalah penting. Ini agar Anda terhindar dari rasa bingung ketika melakukan investasi.

Adalah lucu sekali ketika Anda melakukan investasi emas tapi tidak mengerti dengan istilah karat, bullion, dan sebagainya bukan?

Melansir lifepal.co.id, Rabu (1/11/2023), kini investasi emas cenderung lebih gampang. Anda cukup menabung uang tanpa emas secara fisik.

Maksudnya, Anda cukup menyetor uang dalam bentuk tabungan emas. Dan, uang yang Anda setor pn tidak harus sesuai dengan fisik emas di pasaran. Misalnya, Anda bisa menabung seratus ribu rupiah untuk emas batangan.

Contoh kemudahan ini ada di Pegadaian. Pegadaian menawarkan fasilitas investasi emas lewat tabungan emas. Meskipun namanya tabungan emas, tapi bukan berarti Anda nabung dalam bentuk emas.

Dengan kata lain. Jadi, Anda menyetor ke Pegadaian untuk membeli emas. Anda pun bisa beli emas dengan bobot minimum 0,01 gram.

Jadi, kalau harga emas satu juta per gramnya, berarti Anda hanya perlu keluar uang sebesar sepuluh ribu rupiah saja. Ya, tentunya ditambah beberapa administrasi sesuai dengan ketentuan Pegadaian.

Itulah sebab banyak orang yang kini melirik jenis investasi yang satu ini. Modalnya kecil, tapi bisa kasih keuntungan besar.

Nah, sebelum Anda terjun ke investasi emas, ada beberapa istilah yang patut Anda ketahui. Berikut daftarnya:

  1. Grade
    Grade merupakan peringkat yang menunjukkan tingkat kemurnian atau kualitas emas. Jadi, produk di tiap bursa emas itu memiliki grade dan harga yang berbeda.

Semua itu tergantung dari kualitas produk yang ditawarkan. Semakin baik grade-nya, maka akan semakin mahal juga harganya.

  1. Karat
    Karat itu adalah kepanjangan dari kt atau ct yang menjadi tolok ukur untuk menentukan kemurnian sebuah emas. Untuk skala tertinggi adalah 24 karat yang menunjukkan kalau emas itu merupakan emas murni tanpa ada campuran apapun.

Untuk mengetahui karat sebuah emas, Anda bisa menggunakan rumus X = 24 (Mg/Mm). Jadi, X itu merupakan peringkat karat, sedangkan Mg adalah massa emas murni dan Mm adalah massa keseluruhan emas tersebut.

  1. Gold Reserve
    Gold reserve atau cadangan emas merupakan keseluruhan jumlah emas yang disimpan di bank sentral atau kas negara. Nah, cadangan emas itu sangat berkontribusi dalam penerbitan uang dan juga obligasi.
  2. Dinar dan Dirham
    Dinar adalah istilah yang digunakan untuk menyebut koin emas yang memiliki tingkat kemurnian 22 karat dengan berat 4,25 gram. Sementara itu, Dirham adalah sebutan untuk koin perak murni yang memiliki berat sebesar 2,975 gram.
  3. Fineness
    Fineness adalah tingkat kemurnian suatu emas. Nah, emas batangan yang diproduksi oleh Antam dengan skala 24 karat memiliki tingkat kemurnian mencapai 99,9 persen secara fineness.
  4. Bullion
    Bullion merupakan istilah yang umum digunakan untuk menyebut emas batangan, perak murni atau koin yang biasanya digunakan orang sebagai aset investasi.
  5. London Gold Fix
    London Gold Fix merupakan sebuah istilah yang digunakan sebagai patokan harga emas dalam transaksi jual-beli. Nah, harga emas yang mengikuti pergerakan harga dollar umumnya dapat berubah kapan aja. Hal itulah mengapa, London Gold Fix dalam satu hari bisa muncul sebanyak dua kali.

Demikian penjelasan soal tijuh istilah emas yang patut diketahui sebelum Anda melakukan investasi emas. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment