Bunda Wajib Tahu! Persiapan Menyusui Sejak Kehamilan Dapatkan Manfaat Luar Biasa, Apa Saja Itu?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MARTAPURA, insidepontianak.com - Inilah informasi mengenai persiapan menyusui sejak kehamilan yang wajib bunda ketahui. Apa saja manfaat yang didapatkan dari persiapan tersebut, berikut detail informasinya.

Artikel ini akan membahas informasi mengenai persiapan menyusui sejak kehamilan yang ternyata memiliki manfaat luar biasa. Informasi ini sebagaimana dilansir insidepontianak.com dari akun resmi You Tube Gue Sehat pada tanggal 28 April 2023. Apa sajakah itu?

Menyusui adalah tindakan yang memiliki dasar perintah dalam berbagai kitab suci agama dan juga didukung oleh hasil penelitian medis yang melimpah. Manfaat yang dapat diperoleh dari menyusui tidak hanya melibatkan nutrisi bagi bayi.

Praktik menyusui juga merupakan perlindungan terhadap berbagai penyakit dan dampak positif bagi kesehatan ibu. Apa saja manfaat yang didapat seorang ibu ketika menyusui sang anak, berikut yang dipaparkan dalam video You Tube Gue Sehat:

Menurunkan Risiko Kesehatan. Menyusui dapat mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium, baby blues, depresi postpartum, Alzheimer, dan osteoporosis. Ini juga dapat berfungsi sebagai metode kontrasepsi alami dan membantu dalam penurunan berat badan setelah melahirkan.

Adapun manfaat menyusui lebih banyak didapatkan oleh sang bayi. Karena manfaat menyusui tujuan utamanya ialah menjadi konsumsi makanan pertama bayi dan kelangsungan hidu bayi.

Manfaatnya diantaranya ialah:

  1. Nutrisi Optimal. Dengan ASI sebagai makanan pertama dan utama bagi bayi, menyediakan karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan antibodi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Perlindungan Terhadap Penyakit. Bayi yang disusui memiliki perlindungan lebih baik terhadap infeksi, alergi, kanker anak, penyakit hiperaktivitas, autisme, diabetes, hipertensi, jantung, obesitas, dan bahkan stunting.
  3. Pertumbuhan Rahang dan Kesehatan Gigi. Menyusui membantu mengoptimalkan pertumbuhan rahang dan mempromosikan kesehatan gigi bayi. Oleh karena itu, Bunda wajib tahu manfaat menyusui untuk Ibu dan Bayi.

Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menyusui ternyata perlu direncanakan sejak kehamilan pertama. Apakah persiapan untuk menyusui yang perlu bunda ketahui sejak kehamilan pertama, berikut detail informasinya:

  1. Diet Seimbang: Selama kehamilan, ibu perlu makan makanan bergizi untuk mendukung produksi ASI yang baik.
  2. Pemeriksaan Kesehatan: Pastikan kondisi kesehatan ibu dengan pemeriksaan payudara dan tes laboratorium yang diperlukan.
  3. Support Sistem: Ikuti kelas-kelas menyusui bersama pasangan, keluarga, atau pengasuh, dan cari faskes yang mendukung ASI eksklusif.
  4. Konsultasikan dengan Konselor Laktasi: Bertemu dengan konselor laktasi selama kehamilan dan sesudah melahirkan.

Dalam mempersiapkan diri untuk menyusui, inisiasi menyusui dini sangat penting, karena proses ini merangsang produksi ASI dan memberikan bayi manfaat kolostrum. Rawat gabung juga mendukung pertumbuhan pasokan ASI dan memungkinkan ibu dan bayi untuk menyusui tanpa batasan.

Jika ASI belum keluar dengan baik, penting untuk mencari bantuan dari konselor laktasi dan mempertimbangkan penggunaan ASI booster untuk meningkatkan produksi ASI. Ingatlah bahwa persiapan menyusui harus dimulai jauh sebelum persalinan.

Dan informasi dan dukungan adalah kunci kesuksesan. Bergabung dengan komunitas ASI dapat memberikan dukungan emosional dan informasi tambahan yang diperlukan untuk perjalanan menyusui yang sukses.

Itulah tadi pembahasan informasi mengenai persiapan menyusui sejak kehamilan yang perlu bunda ataupun kalian ketahui.

Semoga informasi yang mimin rangkum ini bermanfaat bagi kalian dan menjadi pengetahuan tambahan. (Fildzah)***

Leave a comment