Tujuh Spot Diving Pilihan di Pulau Maratua, Surga Biodata Laut yang Memikat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Keindahan Pulau Maratua tidak sekadar terlihat dari atas, bagian dalam laut di perairannya juga bak surga. Di wilayah ini terdapat cukup banyak spot diving yang menawan.

Spot diving atau tempat menyelam di sekitar Pulau Maratua bahkan sudah terkenal di dunia. Bukan tanpa alasan, kehidupan bawah laut di wilayah ini bak surga.

Ya, spot diving di Pulau Maratua menawarkan keindahan tiada tara. Itulah sebab banyak yang ingin menikmati langsung surga bawah laut di Kalimantan Timur itu.

Sebagai informasi, Pulau Maratua yang luasnya mencapai 2.375,7 hekatare ini adalah bagian dari Kepulauan Derawan. Secara administrasi adalah sebuah kecamatan dan terdiri dari empat kampung atau desa.

Wilayah Kepulauan Derawan yang mencapai 31 pulau ini memang terdiri dari empat kecamatan yakni Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk.

Nah, melansir jadesta.kemenparekraf.go.id dan indonesiajuara.asia, Minggu (15/10/2023), bagi yang menyukai aktivitas menyelam, Maratua adalah pilihan paling tepat karena pilihan spotnya yang banyak.

Setidaknya ada tujuh dari sekian banyak pilihan spot diving yang memiliki daya pikatnya tersendiri. Berikut daftarnya:

  1. Cabbage Garden
    Buat Anda penyelam pemula dengan pengalaman yang minim, mungkin Cabbage Garden bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan bentuk yang menyerupai Hanging Garden, area ini memiliki ikan-ikan kecil lucu yang bersembunyi dan hidup di antara terumbu karang.

Spot ini juga ditandai sebagai tempat berkumpulnya penyu-penyu, sehingga kamu juga bisa bermain dengan para penyu ini di momen yang tepat.

  1. Jetty Dive Spot

Menyelami area Jetty Dive spot, para penyelam akan disuguhi aneka ragam biota laut yang membuat terkesima. Di antara sekian banyak jenis ikan terdapat udang harlequin dengan corak putih birunya yang memikat.

Selain itu Anda juga bisa melihat ikan Mandarin dengan warnanya yang mencolok, keunikan kamuflase gurita biru, hingga terumbu karang raksasa yang dapat dinikmati tiap sudutnya, dan sebagainya.

  1. Turtle Traffic spot
    Area ini menyuguhkan pemandangan dengan dominasi kawanan penyu hijau yang lucu. Beberapa ekor hawksbill turtles juga dapat dijumpai jika diver sedang beruntung.

Meskti didominasi penyu, area Turtle Traffic juga dipenuhi dengan berbagai hewan laut lainnya seperti lobster, belut moray, hingga terumbu karang dengan warna-warna yang menawan.

  1. Mid Reef
    Penyelam yang memasuki area ini pasti akan terkesima dengan kehadiran hiu thresher dan nurse shark dengan bentuknya yang unik dan berbeda dari hiu yang biasa kita tahu. Area ini memang sering dikunjungi kedua jenis hiu tersebut.

Tapi jangan risau sebab hiu-hiu tersebut hanya memangsa ikan-ikan kecil dan tidak berbahaya bagi manusia. Penampakan ikan lain juga dapat ditemukan seperti sekawanan penyu, ikan pari, hawkfish, hingga kuda laut.

  1. Eel Garden
    Nama Eel Garden alias taman belut memang menggambarkan areanya dengan belut laut yang sering dijumpai. Areanya membentang di sepanjang dasar laut yang berpasir dan dikelilingi terumbu karang warna-warni.

Di spot ini juga dijumpai sekelompok ikan tuna Spanyol, ikan barakuda, dan jenis terumbu karang yang bermacam-macam.

  1. Hanging Garden
    Memiliki bentuk seperti dinding vertikal yang menjadi tempat hidup terumbu karang dan berbagai jenis ikan, itu mengapa spot ini diberi nama Hanging Garden yang berarti taman gantung.

Dengan bentuknya yang memukau, terumbu karang jenis black coral trees banyak ditemukan pada dinding vertikal area ini. Penyelam juga bisa menemukan kawanan penyu dan hiu di bagian luar dinding vertikal ini.

  1. The Channel
    Spot menyelam ini jadi spot paling menantang dan hanya diperuntukkan bagi penyelam dengan pengalaman yang tinggi.

Pasalnya spot ini memiliki medan yang cukup ekstrem dan berbagai jenis hiu seperti hiu kepala martil, hiu abu-abu, dan hiu moncong putih. The Channel memang tidak diperuntukkan buat Anda yang masih minim pengalaman dan mudah panik.

Demikian soal tujuh spot diving pilihan yang ada di Pulau Maratua, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment